Metode Sorogan Dalam Program Baca Al-Qur’an sebagai Model Pemberantasan Buta Huruf Hijaiyah

Rabu, 24 April 2024 : 08:04

 


www.sdmuh1solo.com - Kita tahu bersama bahwa metode berasal dari dua kata yaitu meta yang artinya melalui dan hodos yang artinya jalan atau cara. Jadi metode artinya suatu jalan yang dilalui untuk mencapai suatu tujuan.

Sorogan berasal dari kata sorog (jawa) yang berarti menyodorkan. Metode sorogan ini merupakan bentuk metode yang dianggap rumit. Hal ini dikarenakan metode tersebut sangat memerlukan kesabaran, kerajinan, kedisiplinan siswa secara pribadi.

Sorogan artinya belajar secara individu dimana seorang siswa maupun siswi berhadapan dengan seorang guru, terjadi interaksi saling mengenal antara keduanya.

Metode sorogan adalah sebuah sistem belajar di mana peserta didik maju satu persatu untuk membaca buku al Husna hadapan seorang guru. Metode sorogan merupakan metode pembelajaran dengan melibatkan siswa secara langsung "individual melalui kegiatan membaca al Husna di hadapan guru, kemudian guru mendengarkan dan menunjukkan kesalahan-kesalahannya. Maksudnya pembelajaran secara individual di mana seorang murid berhadapan dengan seorang guru terjadi interaksi saling mengenal antara keduanya.

"Bagi seorang muslim, kemampuan membaca huruf hijaiyah merupakan hal yang urgent karena Kitab suci umat muslim, yaitu Al-Qur’an ditulis menggunakan bahasa Arab yang huruf-hurufnya adalah huruf hijaiyyah," Ujar Guru ISMUBA, Dwi Jatmiko di Kelas Olahraga Fase C, Rabu (24/4/2024).
Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved