Penggerak Growth Mindset untuk Menumbuhkan Sekolah Muhammadiyah Berkemajuan

Kamis, 18 April 2024 : 00:30

 

Sumber Foto: Dwi Jatmiko Waka Humas

Majlis Pendidikan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surakarta menyelenggarakan Halal bi Halal tahun 1445 H dalam format agak beda. Pada umumnya, gelaran halal bi halal majlis pendidikan Muhammadiyah sarat dengan mengumpulkan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan pada semua jenjang (TK/RA, SD/MI, SMP, SMA/SMK) lalu mendengarkan kajian dan ceramah. 

Pada tahun ini, Majlis Pendidikan PDM Kota Surakarta menyelenggarakan halal bi halal dalam format agak berbeda, dimana acara dikemas seperti workshop/seminar. Kemudian tema yang diangkat, yaitu "Growth Mindset untuk Menumbuhkan Sekolah Muhammadiyah Berkemajuan". Tekstual, tema tersebut mungkin dipersepsi tidak ada sangkut pautnya dengan sakralitas halal bi halal sebagaimana biasanya. 

Pada sambutannya, Dr. Mohammad Ali (Ketua Majelis Pendidikan PDM Kota Surakarta), memaparkan bahwa halal bi halal format seperti ini adalah bagian dari salah satu bentuk upaya pemaknaan halal bi bahal yang tidak sekedar hanya formalitas saling bermaaf-maafan, tetapi juga halal bi halal harus menjadi starting bagi peningkatan kinerja. Dimana kinerja diberengi dengan "Growth Mindset" untuk terus menghasilkan perkembangan-perkembangan positif. Konsep growth mindset besar harapannya akan mendorong ghiroh guru dan tendik Muhammadiyah untuk memajukan amal usaha

Prof. Suyanto, Ph.D pembicara pada gelaran acara tersebut (17/04/24) menyampaikan panjang dan lebar tentang bagaimana "Growth Mindset' dapat menjadi konsep awal memajukan lembaga pendidikan. Beliau memberikan definisi bahwa growth mindset adalah pemikiran untuk meyakini bahwa kualitas dapat meningkat dengan melakukan usaha, tantangan, rintangan dan dapat menghadapi permasalahan yang datang. Orang yang memiliki growth mindset meyakini dengan teguh yang namanya proses sehingga tidak takut mengalami kegagalan, bahkan menjadikan sebuah kegagalan adalah pengalaman baru dalam pengembangan diri. Kalimat lainnya, bahwa growth mindset adalah sudut pandang dan cara berpikir positif. 

Pikiran positif berasal dari kemampuan dasar yang dimiliki seseorang atau keterampilan dan kebiasaan baru yang bisa dikembangkan. Hal itu bisa menghasilkan sesuatu yang positif karena percaya kecerdasan dan bakat yang dipunyai bisa berkembang seiring berjalannya waktu lewat dedikasi dan kerja keras dalam mengembangkan sekolah Muhammadiyah. 

Sehingga,  kepala sekolah dan guru Muhammadiyah harus memiliki sikap yang baik karena kita sama-sama yakini jika kita memiliki kerangka berpikir yang baik maka terus berkembang itu optimisme itu selalu di yang membekali kita biasanya seseorang yang sudah memiliki positive mindset akan selalu berpikir bahwa hari ini hari esok harus lebih baik seperti ungkapan hari ini lebih baik dari hari kemarin hari esok harus lebih baik dari hari ini jadi optimisme untuk mencapai kesuksesan selalu ada di mindset kita bikin kerangka berpikir untuk memajukan sekolah Muhammadiyah, pungkas Prof. Suyanto.

Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved