Wow! Raih Lazismu Award KATEGORI PROGRAM KEMANUSIAAN TERBAIK

Sabtu, 03 Februari 2024 : 20:15


sdmuh1solo.com - Lazismu Kota Surakarta mengadakan Stadium General Rakerda 2024 di Auditorium Mohammad Djazman UMS, Sabtu (03/02/2024). 

Dengan tema ‘Sinergi Pengelolaan ZIS Satu Atap Dalam Rangka Penguatan Gerakan Jamaah & Dakwah Jamaah Muhammadiyah Surakarta”, 

Stadium General ini menghadirkan wakil ketua PWM JawaTengah, Dr. Ibnu Hasan, M.Si dan manajer Lazismu Banyumas, Sabar Waluyo, SE.



Pengantar dari pemantik acara oleh Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si, bendahara PWM Jawa Tengah. Ditemui usai pembukaan, dia menjelaskan tentang manajemen satu atap. 

“Saat ini kita sedang melakukan gerakan dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah kepada seluruh PDM dan seluruh cabang dan ranting yang mengelola Lazismu ini akan kita gerakkan agar sudah mulai memasuki manajemen yang benar yaitu manajemen satu atap. Dalam hal ini dimaksudkan untuk memberikan jaminan bahwa Lazismu itu mempunyai kekuatan resiliensi, tahan terhadap berbagai persoalan, dan mampu memberikan layanan sebaik-baiknya kepada yang sudah menjadi sasaran.  Kemudian yang ke-2 memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam hal efisiensi efektivitas termasuk juga transparansi. Semua bisa dipertanggungjawabkan dan yang lebih sangat penting bahwa gerakan Lazismu pengelolaan Lazismu satu atap ini menjadi satu keniscayaan bagi kita semua dan akan memberikan layanan jaminan yang lebih maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Sofyan Anif yang juga rektor UMS ini.

Sementara itu, Ketua Badan Pengurus Lazismu Kota Surakarta, Reynal Falah, S.Psi menjelaskan agenda stadium general ini. 

“Agenda ini adalah tindak lanjut dari Rakerda yang sudah kami lakukan Lazismu Solo lakukan beberapa waktu yang lalu, kemudian ditindaklanjuti dengan stadium general mengangkat isu ZISKA satu atap untuk penguatan gerakan dakwah jamaah di kota Surakarta,” jelasnya.  

Agenda ini diikuti oleh PDM, PCM, PRM dan juga masjid serta Amal Usaha Muhammadiyah. 

“Ke depannya insya Allah akan kita tindaklanjuti dengan kegiatan bimtek yang khusus mengundang Kantor Layanan dan gerai, utamanya gerai masjid dan amal usaha untuk kita latih dalam hal pengelolaan keuangan satu atap. Harapannya kita menjadi lebih terkoordinasi dalam hal ini keuangan di persyarikatan Muhammadiyah sehingga kita bisa melihat berapa besar potensi khususnya potensi zakat, infak dan shodaqoh di lingkup Persyarikatan Muhammadiyah Kota Surakarta,” tambahnya.

Dia menambahkan target penghimpunan ZIS Lazismu Kota Surakarta 6,1 milyar. “Untuk target tahun 2024 insya Allah kita menargetkan 6,1 milyar dan insya Allah dengan adanya strategi ZISKA satu atap ini target itu akan terlampaui dan satu misi khusus dengan adanya ZISKA satu atap ini akan memberikan payung bagi masjid, Amal Usaha Muhammadiyah untuk melakukan kegiatan penarikan keuangan zakat, infak dan shodaqoh di lingkup masing-masing,” pungkas Reynal yang juga mantan ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Surakarta periode 2018/ 2022.

Dalam agenda Stadium General ini juga diserahkan pemenang Lazismu Award. Untuk Kantor Layanan/ Gerai Lazismu dengan pengelolaan terbaik diberikan kepada KL Lazismu RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Kantor Layanan/ Gerai dengan penghimpunan terbaik diberikan kepada Gerai Lazismu SD Muhammadiyah 24 Gajahan. Kantor Layanan/ Gerai dengan program pentasarufan terbaik diterima oleh KL PCM Solo Utara. Amal Usaha Muhammadiyah dengan program kemanusiaan terbaik diterima oleh SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Surakarta. Dan yang terakhir, tokoh filantropi terpopuler diberikan kepada Sugiharko Sahid dari Gerai Lazismu SD Muhammadiyah 24 Gajahan



Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved