Mendidik Anak Cinta Allah

Jumat, 09 September 2022 : 19:41

 


sdmuh1solo.com - Pendidikan anak yang pertama dan paling utama dalam Islam   adalah   pendidikan   dalam   keluarga   yang   sesuai dengan pandangan Islam. 

Pendidikan dalam keluarga yang sesuai dengan pandangan Islam adalah pendidikan yang didasarkan pada tuntunan agama Islam yang diterapkan dalam keluarga yang dimaksudkan untuk membentuk anak agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan   Yang   Maha   Esa,   serta   berakhlak   mulia   yang mencakup etika, moral, budi pekerti, spiritual atau pemahaman dan pengalaman nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. 

Hal ini merupakan salah satu wujud amar makruf nahi munkar dalam kehidupan keluarga, yaitu dengan memberikan pendidikan kepada putra putrinya berdasarkan ajaran Islam. Anak dalam menuju kedewasaannya memerlukan bermacam-macam proses yang diperankan oleh bapak dan ibu dalam lingkungan keluarga. 

Pola atau metode pendidikan agama dalam Islam pada dasarnya mencontoh pada perilaku Nabi Muhammad SAW dalam membina keluarga dan sahabatnya. Karena segala apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW merupakan manifestasi dari kandungan al-Qur’an. 

Adapun dalam pelaksanaannya, Nabi  memberikan kesempatan pada para pengikutnya  untuk  mengembangkan  cara  sendiri  selama cara tersebut tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip pelaksanaan pendidikan yang dilakukan oleh Nabi SAW.


Penulis: pengelola web sdmuh1solo.com

Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved