Mutiara hadits bulan Juni 2024 bagian 1

Jumat, 07 Juni 2024 : 10:47


Oleh : Andy Ratmanto, SH / Sekretaris Dekan FEB UMS dan ketua Majelis Kader PCM Banjarsari

# Raudhah

Dari Abu Hurairah ra dari Nabi Saw yang bersabda : Diantara rumahku dan mimbarku adalah raudhah (taman) dari taman-taman surga, dan mimbarku berada pada telagaku (telaga kautsar).

(HR. Bukhari : 1121)

 Mekkah, tanah haram

Dari Ibn Abbas ra, dia berkata : Rasulullah Saw bersabda pada hari pembebasan kota mekkah : Sesungguhnya tanah ini telah diharamkan oleh Allah, maka tidak boleh ditebang pohonnya, dan tidak boleh diburu hewan buruannya, dan tidak boleh diambil barang yang hilang kecuali kemudian oleh orang yang menyeru untuk mencari pemiliknya.

(HR. Bukhari : 1484)

# Menikahkan wanita yang janda dan gadis

Dari Abu Hurairah ra, dia berkata : Bahwa Nabi Saw bersabda : Seorang janda tidak boleh dinikahkan hingga ia dimintai perintah (untuk menikah), sedangkan seorang gadis tidak boleh dinikahkan hingga dimintai izinnya. Mereka bertanya : Wahai Rasulullah, seperti apakah izinnya? Beliau menjawab : Dengan diamnya.

(HR. Bukhari : 4741)

# Nabi Isa akan turun kepada manusia

Dari Abu Hurairah ra, dia berkata : Rasulullah Saw bersabda : Demi Zat yang jiwaku berada di tangan Nya, akan segera turun kepada kalian (Nabi Isa) ibn Maryam sebagai hakim yang adil, dia akan menghancurkan salib, membunuh babi, menghapus jizyah dan harta benda akan melimpah hingga tidak ada seorang pun yang mau menerima (sedekah), hingga pada masa itu satu kali sujud lebih baik daripada dunia dan isinya.

(HR. Bukhari : 3192)

# Orang pertama yang mempersembahkan kepada berhala

Dari Abu Hurairah : Nabi Saw bersabda : Aku melihat Amr ibn Amir ibn Luhay al Khuza’iy menarik ususnya di neraka dan dia adalah orang pertama mempersembahkan al Sawa’ib (Saibah).

(HR. Bukhari : 3260)

# Nabi Musa

Dari Ibn Umar ra, dia berkata : Nabi Saw bersabda : Aku melihat Nabi Isa, Nabi Musa, dan Nabi Irahim. Adapun Isa (adalah orang yang) kulitnya kemerahan, rambutnya keriting, dan dadanya bidang. Sedangkan Musa (adalah orang yang) kulitnya sawo matang, berbadan besar, rambutnya lurus, seakan-akan ia berasal dari suku al Zuth (di Sudan).

(HR. Bukhari : 3183)

# Ketika Umar meminta izin kepada Aisyah untuk dikuburkan bersama kedua sahabatnya

Dari Hisyam, dari bapaknya : Bahwa Umar pernah mengutus utusan kepada Aisyah (yang membawa pesan) : Izinkanlah aku agar aku dikuburkan bersama kedua sahabatku. Maka ia menjawab : Ya, demi Allah. Dia berkata : Sebelumnya jika ada sahabat laki-laki yang mengutus utusan kepadanya (meminta izin agar dikuburkan bersama Nabi dan Abu Bakr), dia selalu menjawab : Tidak, demi Allah, selamanya aku tidak akan mendahulukan siapapun dalam hal ini. 

(HR. Bukhari : 6783)

# Barangsiapa tidak bersyukur sedikit, maka dia tidak akan bisa bersyukur untuk banyak.

(HR. Ahmad)

# Saat Allah mencintai seorang hamba, maka Ia akan mengujinya.

(Al Hadits)

# Sesungguhnya doa orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.

(Al Hadits)

# Di Surga, ada kenikmatan yang belum pernah mata melihatnya, belum pernah telinga mendengarnya, dan belum pernah pula terbetik dalam kalbu manusia.

(Al Hadits)

# Berhati-hatilah kalian terhadap sifat hasad, karena sesungguhnya hasad itu akan memakan kebaikan sebagaimana api melahap kayu bakar.

(Al Hadits)

# Kebanyakan kesalahan anak Adam disebabkan oleh lidahnya.

(Al Hadits)

# Dan takutlah akan doa orang yang terzalimi, karena tidak ada hijab (penghalang) antara ia dengan Allah.

(Al Hadits)

# Jika salah seorang di antara kalian melihat orang yang diberi kelebihan harta dan keindahan (rupa), maka lihatlah kepada orang yang berada di bawahnya.

(Al Hadits)

# Wanita itu aurat, jika ia keluar dari rumahnya maka setan mengikutinya.

(Al Hadits)

# Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah orang yang paling bagus akhlaknya, dan sebaik-baik kalian adalah yang paling baik akhlaknya terhadap istri-istrinya.

(Al Hadits)

# Sampaikanlah kebenaran walaupun itu pahit.

(Al Hadits)

# Obat dari ketidaktahuan adalah dengan bertanya.

(Al Hadits)

# Rasulullah Saw bersabda : Infaqkanlah hartamu. Dan janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau menyedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan barokah rizki tersebut.

(Al Hadits)

# Orang-orang yang mengasihi akan dirahmati oleh Ar Rahman (Yang Maha Pengasih), kasihilah yang ada di bumi, maka niscaya yang di langit juga akan mengasihi kalian.

(Al Hadits)

# Aku telah tinggalkan pada kalian dua perkara. Kalian tidak akan tersesat selama berpegang kepada keduanya, yaitu Kitab Allah dan Sunnah Rasul Nya.

(Al Hadits)

# Tidak akan masuk surga orang yang kasar dan menyombongkan diri.

(Al Hadits)

# Orang yang paling kuat adalah orang yang mampu menguasai dirinya ketika ia sedang marah.

(Al Hadits)

# Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.

(Al Hadits)



Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved