Mari Budayakan Literasi untuk Meraih Prestasi

Selasa, 07 Mei 2024 : 10:23


www.sdmuh1solo.com - Mari Budayakan Literasi untuk Meraih Prestasi Selasa (7/5/2024). Indonesia menempati rangking ke 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019.


Lalu, Setiap tiga tahun sekali, murid-murid berusia 15 tahun dipilih secara acak untuk menempuh tes dan mengukur kemampuan para siswa di bidang literasi, numerasi, dan sains. Ini merupakan studi yang diinisiasi oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), yang disebut sebagai Programme for International Student Assessment (PISA).

Pada tahun 2022, tes ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pendidikan di 81 negara di dunia. Adapun, studi ini bersifat diagnostik yang digunakan untuk memberikan informasi dengan tujuan untuk memperbaiki sistem pendidikan. Menurut laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Indonesia sudah berpartisipasi dalam studi PISA sejak tahun 2000.

Kemendikbudristek membeberkan, hasil studi PISA Indonesia di tahun 2022 ternyata mengalami kenaikan peringkat yang cukup signifikan, yaitu 5-6 peringkat dari tahun 2018. Capaian ini menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah Indonesia dalam PISA. Namun, skor kemampuan rata-rata siswa di Indonesia justru mengalami penurunan dari tahun 2018.

“Hasil PISA 2022 bukan cermin pendidikan saat ini, tapi itu dua tahun lalu saat kita menutup sekolah (pandemi Covid-19),” ungkap Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek Anindito Aditomo dikutip dari Antara.



Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved