Studi Tiru, Meningkatkan Kualitas Pendidikan Sekolah MIM PK Kartasura

Kamis, 15 Februari 2024 : 09:08


sdmuh1solo.com - Studi tiru merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan suatu kebutuhan yang diharapkan sebagaimana mestinya.

Pengertian dari studi tiru merupakan sebuah konsep belajar yang dilakukan pada suatu institusi yang dianggap lebih kompeten dalam suatu hal dengan maksud peningkatan mutu, perluasan usaha, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, perbaikan peraturan perundangan, dan lain-lan.

Kegiatan studi tiru yang dilakukan bukan hanya membandingkan kondisi obyek studi di tempat lain dengan kondisi yang ada di tempat sendiri, akan tetapi dapat dilaksanakan oleh Institusi yang melakukan studi tiru dengan penyesuaian pada kebutuhan dan karakteristik masing-masing.

Persiapan yang dilakukan sebelum melakukan studi tiru adalah melakukan tinjauan dan evaluasi internal, mengenai mana saja yang akan dikembangkan dan dinaikan progresnya. Setelah itu dibuat draft list secara terstuktur sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Tujuan utama melakukan studi tiru nantinya adalah menggali sebanyak mungkin informasi yang bisa didapat scara teknis real dan empiris. Untuk dijadikan pembanding dan acuan yang kemudian masuk untuk menemukan sebuah pembaharuan yang aplikatif, baik untuk plan ke depan dalam jangka pendek dan jangka panjang secara futuristik. Jadi dengan kata lain tujuan dari studi tiru tersebut adalah:

1. Untuk menambah wawasan kita tentang pelaksanaan implementasi Kurikulum Merdeka di tempat lain; 2. Untuk menimba pengalaman baru di tempat lain; 3. Untuk mengetahui tahapan dari suatu program kegiatan yang berhasil,sehingga dapat ditiru.

Share this Article

0 komentar :

Copyright © SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved