Kisah Pinggir, 37 Tahun Mengabdi sebagai Guru di SD Muhammadiyah 1 Solo

Kamis, 15 Februari 2024 : 09:15

 


sdmuh1solo.com - Kisah Pinggir, 37 Tahun Mengabdi sebagai Guru di SD Muhammadiyah 1 Solo.  Pinggir menyampaikan bahwa menjadi guru di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta harus terus berinovasi dan membumikan kode etik guru Muhammadiyah. Karena SD Muh 1 Solo sekolah unggul sejak 1935.

“Islam agamaku, Muhammadiyah gerakanku, dan seharusnya memberi inspirasi program pada sekolah lainnya,” ujar Pinggir.

Ia kemudian bercerita bahwa kode etik Guru Muhammadiyah sejak lama sudah ada seperti, Berkepribadian Muhammadiyah. Menaati peraturan di Persyarikatan dan kedinasan. Menjaga nama baik persyarikatan. Berpartisipasi aktif dalam persyarikatan. Melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

“Bekerja dengan jujur, tertib, cermat dan bersemangat. Menaati jam kerja. Menciptakan suasana kerja yang harmonis dan kondusif,” katanya.

Melaporkan kepada atasan misal Kepala Sekolah saat ini Hj Sri Sayekti, apabila ada yang merugikan sekolah atau persyarikatan. Menggunakan aset Muhamamadiyah secara bertanggung jawab. Memberikan pelayanan sebaik-baiknya sesuai tugas masing-masing. Bersikap tegas adil dan bijaksana. Membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas.

“Menjadi suri tauladan. Meningkatkan prestasi dan karir. Menaati ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berpakaian rapi dan sopan, serta sikap dan berperilaku santun. Menciptakan kawasan tanpa rokok dilingkungan pendidikan,” ungkapnya. 

Share this Article

0 komentar :

Copyright © SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved