Atas Ijin Allah SWT, Dipertemukan Ramadan

Kamis, 23 Maret 2023 : 04:00

 


sdmuh1solo.com - Atas ijin Allah SWT, kita dipertemukan dengan bulan Ramadan penuh rahmat, maghfirah, dan keterbebasan dari api neraka. Kesyukuran ditandai dengan ibadah yang maksimal, seolah Ramadan kali ini adalah yang terakhir. Kita berusaha membaca Alquran secara benar, penuh semangat me-recharg-ing ilmu dan iman, berfastabiqul khoirat dalam beramal saleh.

Puasa merupakan bagian dari ikhtiar untuk memudahkan perjuangan menggapai taqwa menuju surga-Nya. Takwa adalah tujuan dari pewajiban berpuasa, dengan indikator dapat mengendalikan diri ketika marah, murah hati dalam memaafkan, membalas keburukan dengan kebaikan, dan memiliki kepekaan untuk berbenah diri tatkala melakukan maksiat. Dengan demikian, surga yang seluas langit dan bumi adalah balasan takwa (QS: 3: 133-135)

Ketaqwaan berbanding lurus dengan derajat dan proses memasuki surga. Ada yang memasuk surga tanpa hisab karena ridho-Nya, san skenario ini adalah harapan setiap orang. Ada yang memasuk surga karena timbangan ketaatannya lebih besar daripada kemaksiatannya, dan inilah serendah-rendah harapan. Ada yang memasuk surga,  di mana terlebih dahulu harus berurusan dengan "laundry  neraka." Terhadap skenario ketiga ini, kita berdoa dan berikhtiar semoga tidak mengalaminya (Salim A. Fillah, 2023).

Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved