Strategi Optimalkan Bakat dan Potensi Peserta didik Zaman Now.

Kamis, 25 Januari 2018 | 07.23.00

Solo, Jawa Tengah, -  Sebanyak 34 peserta didik  berseragam putih kheki berdiri dan duduk lesehan di salah satu ruang kelas 4C Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis TIK SD Muhammadiyah 1 Ketelan di jalan Kartini No. 1 barat Pura Mangkunegaran  Surakarta, begitu semangat ketika mengikuti pelajaran Tematik. Mereka bersemangat belajar bersama membuat salah satunya proyek (membuat jembatan). (Rabu, 24 Januari 2018)

Sebelumnya, Guru menampilkan beberapa slide jembatan dari stik es krim dan diorama. Hari itu anak-anak berkelompok dengan anggota empat per kelompok. Mereka bebas memilih proyek yang akan dibuat. Di awali diskusi, kemudian membuat rencana yang diwujudkan dalam bentuk gambar. Dari gambar tersebut dianalisis bahan dan alat yang dibutuhkan. Ujar Wali Kelas 4 C Dyah Ayu Ratnaningsih, SE., S.Pd.

“Pada akhirnya anak-anak pun perlu di eksplorasi untuk mengoptimalkan dan membangkitkan bakat dan potensi di zaman now abad 21, abad kekinian yang muarnya mampu menjadi anak bangsa yang berkemajuan dan berkeadaban, Tujuan dari proyek ini untuk menggali dan mengoptimalkan bakat dan potensi serta kreativitas mereka. Bagaimana mereka berkerja sama dari planning, organizing, actuating, controling dan evaluating serta finishing,” ungkap dia.

Anak-anak nampak senang sekali, tak terkecuali Rayyan Fawwas Dhiyaulhaq, karena Kelompok Rayyan berencana membuat jembatan. Mereka antusias, bahkan berencana membawa mobil mainan. Kelompok lain membuat diorama bernuansa laut, lapangan bola, salju, kebun binatang, dan lain-lain.


“saya sangat senang dan bergembira hati adanya kegiatan proyek ini untuk mendukung budaya kegiatan literasi data, gambar, seperti membaca ukuran dan menampilkan kreativitas  lainnya,” kata salah satu siswa kelas 4 C, Kiarra Ajirani Putri. Humas Jatmiko.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2014. SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta - All Rights Reserved
Kembali ke Atas