10 Mahasiswa PGSD UMS Belajar Ke SDM 1 Ketelan.

Rabu, 31 Januari 2018 | 09.01.00

Solo, Jawa Tengah, - Sebanyak 10 mahasiswa Semester III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta mengadakan observasi magang 1 ke Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis TIK SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Kunjungan ini dalam rangka memberikan tambahan pengalaman dan pengetahuan mahasiswa Semester III . (30 Januari 2018)

Rombongan yang dipimpin Dosen Pembimbing DR. Achmad Fathoni, M.Pd diterima Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd, Waka Kurikulum SW. Winarsi, S.Ag., S.Pd, Waka Kesiswaan Imam Priyanto, S.Pd, Waka Sarpras Sahudi, S.Pd, Waka Al Islam Kemuhammadiyahan Ahmad Syaifuddin, S.Pd.I, dan Waka Humas Dwi Jatmiko, S.Pd.I. beserta 2 guru pamong Ria Susanti, S.Pi., S.Pd dan Eny Khusnul Khotimah, S.Pd.

Achmad Fathoni menjelaskan, Wa ta’awanu alal birri wattaqwa walaa ta’awanu alal itsmi wal’udwan.Tolong menolonglah dalam hal kebajikan dan taqwa dan jangan tolong – menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. (Al Maidah :2)

Hendaknya kita bekerja sama yang baik, yang barokah dalam kebaikan, saling belajar. FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta mengharapkan lulusannya nanti jadi guru profesional PGSD. Guru profesional indikatornya mencakup Empat Kompetensi Guru: Pedagogik, Kepribadian, Sosial, dan Profesional, jelasnya.

Hari ini kami berkunjung ke SD Muh 1 untuk melihat implementasinya. Bagaimana cara mengelola unsur fisik, visi misi, tenaga kependidikan, struktur organisasi sekolah, tata kelola, kegiatan eksrakurikuler, aktifitas akademik, perangkat pembelajaran dan analisis kondisi ideal dan kenyataan.

Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd.,  yang mewakili sekolah menjelaskan, Sekolah SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta merupakan salah satu sekolah yang dijadikan Piloting Program Penguatan Karakter oleh Kemendikbud RI. Karenanya di setiap kelas mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 sudah ditanamkan dalam pembentukan karakter seseorang, nilai-nilai moral, nasionalisme, religius, integritas, gotong royong, etika, dan kedisiplinan sedini mengkin harus ditanamkan kepada anak-anak.

Guru Karyawan sebanyak 75, dengan 24 Ekstrakurikuler, 5 hari sekolah, masuk pukul 07.00 guru karyawan dan pulang 16.00, kurikulum K13 untuk kelas 1, 2, 4, dan 5 sedangkan KTSP kelas 3 dan 4. Gunakan dengan benar 10 hari berintraksi dengan warga sekolah baik, guru, karyawan, siswa. Pelajari semua hal yang ada mulai dari waktu kegiatan, pulang, kecuali ada tugas yang sangat penting, datang 10 kembali juga 10, selamat belajar., ujarnya.

Muh. Jauhar Nafis salah seorang mahasiswa mengatakan “penempatan magang 1 FKIP UMS, sudah ditentukan dari puhak Universitas (Microteaching FKIP), sehingga kami dengan hati menerima keputusan yang telah ditetapkan, apalagi kami ditempatkan di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta yang notabene merupakan SD Favorit di kota Surakarta, dan Kami berharap di SD ini kami mendapatkan bimbingan untuk berdaptasi dan menggali pengalaman untuk menjadi guru profesional SD yang berkualitas nantinya.  ia mengaku mendapatkan banyak hal yang bisa mereka aplikasikan saat mengajar nanti. Mulai dari aspek manajemen, penataan ruang, sistem pembelajaran, kurikulum, analisis kondisi ideal dan kenyataan, kegiatan ektrakurikuler dan lain sebagainya. Humas Jatmiko.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2014. SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta - All Rights Reserved
Kembali ke Atas