Penumbuhan Karakter melalui Kantin Sehat Terbaik

Sabtu, 25 November 2017 | 02.00.00

Saat Di Kunjungi Prof. DR. Muhadjir Effendy, M.AP, Mendikbud dan Ketua PDM Drs, H. Subari



SDMUH1SOLO.com – Bertepatan peringatan hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-72, Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta meraih penghargaan sebagai kantin sehat sekolah terbaik sebagai peringkat pertama se-Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Penilaian dilakukan oleh tim juri dari UPT Pendidikan Kecamatan Banjarsari yang berlangsung Senin, tanggal 20 - Jum’at tanggal 24 November 2017. Penumbuhan Pendidikan karakter sangat terasa. Mulai dari tersedianya tempat cuci tangan di kantin dan setiap sudut depan kelas. Tersedia juga tempat sampah yang terpisah antara organik dan non organik. Yang pasti Sekolah selalu mendorong kepada seluruh warga sekolah untuk bergotong royong menjaga kebersihan sekolah, baik di awal maupun di akhir pelajaran.

“Semua berkat komunikasi dan sinergi yang baik antara sekolah dengan warga sekolah. Hingga para peserta didik, wali murid nyaman dan sangat terlayani dengan baik di kantin sehat ini dengan SOP yang telah ditetapkan dan kami bekerja sama dengan UPT Puskesmas Stabelan, Dinas Kesehatan Kota Surakarta, Kantor Ketahanan Pangan Kota dan Provinsi,” ungkap Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd, kepala sekolah SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Kamis, 30 November 2017.

Dengan sarana prasarana kantin yang representatif, sesuai dengan standar kesehatan, dan dipantau oleh dinas terkait terhadap makanan dan minuman yang dijual, Kantin sekolah terus berbenah sebagai kantin terbaik yang pernah ada.

“Kantin SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta diadakan tidak hanya sebagai pelengkap sarana dan prasarana sekolah dan melayani kebutuhan siswa tetapi juga disiapkan sebagai tempat pembelajaran siswa. Lewat kantin sekolah anak-anak dibangun dan ditumbuhkembangkan karakternya baik dari sisi religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong, dan integritas, selain itu kantin juga menjadi bagian dari literasi kesehatan, literasi data dan literasi finansial” paparnya.

Maka, ketika Kantin sekolah diikutsertakan oleh gugus II sebagai satu-satunya perwakilan, segenap bagian dari civitas akademika SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta mempersiapkan diri secara total, terarah, terukur dan berkesinambungan.
Berikut pemenang lomba kantin sehat kecamatan Banjarsari, Juara I SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta dengan Nilai 97, Juara II SD Islam al Firrdaus dengan nilai 93, Juara III SD Kristen Banjarsari dengan nilai 77, Harapan I SDN Bibiskalang nilai 74, dan harapan II SD kristen Pangudi luhur nilai 73. Semoga menjadi motivasi bagi masing-masing pengelola kantin sekolah. *Humas Jatmiko.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2014. SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta - All Rights Reserved
Kembali ke Atas