Selamat Gibran Maheswara Juara Tembang Tradisional Hardiknas 2023

Rabu, 24 Mei 2023 : 15:00

sdmuh1solo.com – Siswa SD Muhammadiyah 1 Surakarta meraih juara 3 kategori SD tembang tradisional di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023, Selasa (24/5/2023). 

Lomba ini diselenggarakan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah mengadakan rangkaian kegiatan dengan tema “Aku Pelajar Pancasila”. Rangkaian kegiatan tersebut antara lain lomba Festival Pelajar Pancasila, launching jurnal BBGP Provinsi Jawa Tengah dan diakhiri dengan puncak peringatan berupa kegiatan Talkshow Pendidikan. 

Festival Pelajar Pancasila merupakan lomba video kreatif untuk siswa sekolah tiap jenjang. Lomba video kreatif tersebut antara lain gerak lagu dolanan, tembang tradisional, pidato bahasa inggris, dan film pendek. 

Sebanyak 1016 (seribu enam belas) pendaftar tiap jenjang telah mengunggah video kreatifnya dan dinilai oleh tim penilai. Dari hasil penilaian, telah terpilih 35 (tiga puluh lima) nominator yang berkesempatan untuk hadir dalam kegiatan Talkshow Pendidikan sekaligus pengumuman juara.

“Saya sampaikan terima kasih kepada kepala sekolah penggerak Hj Sri Sayekti MPd, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SW Winarsi SAg SPd, Ki Agung Sudarwanto MSn yang ikut membimbing, akhirnya juara 3 lomba video kreatif festival pelajar Pancasila berhak mendapat penghargaan dalam bentuk sertifikat,” ucap Gibran Maheswara Javas Setyawan.

Gibran mulai menyukai wayang sejak usia 1,5 tahun. Ketika itu sang ayah mengajak anaknya nonton pertunjukan wayang kulit di pesta pernikahan seseorang. Setelah itu, setiap satu minggu sekali, Gibran belajar ndalang di Sanggar Sarotama Karanganyar pimpinan Mujiyono Skar. Sejak usia 3,5 tahun hingga sekarang, ia masih belajar di sanggar yang berada di Desa Ngringo tersebut.

Ki Agung Sudarwanto yang ikut membersamai menatakan Kegiatan ini merupakan sarana untuk mewadahi kreatifitas dan potensi peserta didik untuk berseni dan berbudaya sesuai bakat minatnya merupakan pengaplikasian dari Kurikulum Merdeka Belajar.

“Selamat kepada para Pemenang! Berikut kami kirimkan SK Juara Lomba Video Kreatif Festival Pelajar Pancasila. Hadiah utama voucher Gramedia dapat digunakan di outlet mana saja sesuai dengan jumlah yang diterima tanpa ada potongan apapun. Sekali lagi kami mengucapkan selamat dan terima kasih yang sebesar2nya atas partisipasi teman-teman pelajar, guru, dan orang tua. Salam, BBGP Jawa Tengah, alHamdulillah anak didik kami juara, terima kasih BBP Jawa Tengah, selamat juga Juara 1 SD Negeri 1 Kebumen Kab. Kebumen Alvian Avanindra Fakhri dan Juara 2 SD Negeri 1 Kaleng Kab. Kebumen Fulan Nabila Dwi Putri,” ujarnya.


Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved