Siraman Rohani Islam Bersama PRo 1 RRI Surakarta Optimis Beribadah

Kamis, 24 November 2022 : 16:00

 


sdmuh1solo.com - Menyembah kepada Allah Swt.,  dalam arti luas, juga memiliki cakupan luas. Secara langsung atau tidak langsung. Secara langsung adalah dengan cara menyembah hablun minallah. Secara tidak langsung adalah dengan membina hablun minannas sesuai dengan perintah Tuhan. 

Doktrin ibadah tidak boleh dipahami secara dangkal, di mana beberapa orang menafsirkan ibadah itu hanya sebagai ibadah mahdha, atau hanya mengenai aspek ritual seperti doa, puasa, dan haji. Padahal, ibadah dalam arti luas juga harus dipahami sebagai segala sesuatu yang menyenangkan dan disukai Tuhan dalam bentuk perbuatan dan ucapan termasuk ibadah.

Alquran juga menegaskan bahwa tujuan utama diciptakannya manusia di dunia ini, adalah untuk beribadah kepada Allah: 

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu. (QS. al-Żāriyat/51: 56) 

Menyembah kepada Allah sebagaimana dalam ayat di atas berarti mengabdikan diri kepada-Nya. Dengan demikian, tujuan manusia diciptakan untuk beribadah adalah untuk mengabdikan seluruh aktivitas kehidupannya dalam rangka beribada kepada Allah. Dapatlah dipahami bahwa ibadah di sini, merupakan kebutuhan primer bagi manusia. 

Seorang muslim yang taat, tentulah ingin menjalankan ibadah yang diperintahkan Allah, tapi kenyataannya pula banyak ditemukan sebagian orang muslim tidak menjalankan ibadah secara baik. Boleh jadi, kelompok yang terakhir ini, belum memahami hakikat ibadah sendiri, fungsi dan tujuannya. Dengan kenyataan seperti ini, maka sangat menarik untuk dikaji lebih lanjut tentang ibadah menurut perspektif Alquran. 

Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved