Siap Melaksanakan Perintah

Minggu, 07 Agustus 2022 : 02:00

 


sdmuh1solo.com - Untuk Apa Ada KOKAM? Kursus pertama kali yang dilakukan pada 30 September sampai 1 Oktober 1965 yang diikuti 250 orang itu, diisi dengan materi Tauhid, Kemuhammadiyahan, Kepribadian Muhammadiyah, Fungsi Kader Muhammadiyah dalam Revolusi, tentang Front Nasional, tentang Gerakan Massa Revolusioner, tentang Keamanan dan Pertahanan, tentang Revolusi yang sedang berkembang dan lainnya seakan menegaskan untuk apa KOKAM ini ada. 

Janji ikrar setia yang menjadi pemantik ghirah seakan membuat KOKAM mempunyai senjata yang kuat menjadi benteng agama, Muhammadiyah, dan juga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Bukan pistol, senapan, pentungan, atau bahkan meriam yang menjadi modal persenjataan mereka. Namun, dengan ketauhidan yang mantap, keilmuan yang mumpuni seiring perkembangan zaman, serta amal kebajikan sehingga bermanfaat bagi umat adalah kekuatan sejati yang tertanam dan ada sejak zaman awal pergerakan ini. 

Kini, di zaman digital KOKAM ada dan bahkan semakin giat dalam bekerja untuk umat. Bukan untuk pamrih, namun demi menjaga agama sesuai dengan kata PERKASA yang ada pada KOKAM, yakni Pertahankan Kalimat Syahadat. 

KOKAM era kekinian juga turut serta menjaga aset Muhammadiyah, selalu ada ketika Muhammadiyah tingkat ranting, cabang, daerah, bahkan wilayah sampai pusat saat mengadakan acara atau kegiatan. 

Beberapa waktu terakhir, KOKAM juga ikut menjaga kegiatan-kegiatan besar nasional, serta turut serta dalam aksi bela saudara muslim di Uyghur dan juga India. Fungsi KOKAM KOKAM bukan hanya jaga parkir ketika pengajian Muhammadiyah ada, bukan hanya sebagai pelengkap dari organisasi. 

Namun, sub-struktur ini mewujudkan pengamalan dari ketauhidannya dengan aksi nyata, tak jarang kita lihat beberapa perannya di berbagai daerah. Salah satunya kemarin KOKAM Lamongan yang turut serta membersihkan eceng gondok bersama TNI KODIM 0812 Lamongan di wilayah Sungai Kiringin, Kalitengah, dalam kegiatan Giat Karya Bakti guna mencegah terjadinya banjir.



Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved