Tergerak Bergerak Menggerakkan

Selasa, 21 Juni 2022 : 08:45

 


Magelang, sdmuh1solo.com - Tergerak Bergerak Menggerakkan. Guru Penggerak merupakan program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran.

Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak.

Selama program berlangsung, guru tetap menjalankan tugasnya sebagai guru.

Hal ini sesuai dengan Visi Pendidikan Nasional, yaitu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

6 aspek dalam Pelajar Pancasila meliputi: (1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; (2) Berkebinekaan Global; (3) Bergotong-royong. (4) Kreatif; (5) Bernalar kritis; (6) Mandiri.


Indikator keberhasilan Pendidikan Guru Penggerak di antaranya, mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar satuan pendidikan.

Serta, berpotensi menjadi pemimpin pendidikan yang dapat mewujudkan rasa nyaman dan kebahagiaan peserta didik ketika berada di lingkungan satuan pendidikannya masing-masing.

Di dalam belajar menjadi Guru Penggerak, mereka sudah diajari bagaimana melakukan manajemen sekolah dan lain sebagainya. Karena berpusat pada siswa, maka Guru Penggerak dapat mewujudkan rasa nyaman dan bahagia atau well being terhadap siswa yang diajarnya.


Guru Penggerak akan selalu berpihak pada siswa. Guru menggerakkan komunitas belajar di sekolah dan luar sekolah, guru lain dapat menerapkan pembelajaran aktif yang sesuai dengan tahap perkembangan siswa.

Pembelajaran diferensiasi, pembelajaran emosional, itu dilakukan, sehingga guru yang melakukan kegiatan-kegiatan tersebut bisa mewujudkan Murid Merdeka Belajar.



Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved