Stratifikasi Sekolah Sehat Hal Yang Baru

Rabu, 15 Juni 2022 : 01:00


sdmuh1solo.com– Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Staf Ahli Walikota bidang keuangan dan pembangunan Kabid PAUD dan PNF Galuh Murya Widawati SP MM menuturkan kegiatan Pendidikan dan pelatihan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan rangkaian dari Diklat UKS yang diawali di bulan Maret.  

Dia juga menegaskan, Sasaran dari kegiatan ini adalah kurang lebih 70 orang terdiri dari pengawas TK penilik PAUD dan lembaga PAUD yang berprestasi sekolah sehat pada tahun sebelumnya, Selasa, (07/6/2022).

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk sosialisasi pengetahuan pemahaman mengenai stratifikasi sekolah sehat yang merupakan hal yang baru. Pada tahun-tahun sebelumnya terdapat lomba sekolah sehat namun sekarang lomba tersebut tidak ada diganti dengan stratifikasi sekolah sehat. Tindak lanjut akan dilakukan visit ke 20 sasaran sekolah di tanggal 14-15 Juni 2022,” kata Galuh ketika sambutan.

Galuh berharap, semoga kegiatan ini dapat berkontribusi untuk membangun ekosistem Pendidikan yang sehat mengingat sekolah sehat sangat penting setelah masa pandemi dan semoga pandemi covid-19 benar-benar telah berakhir.

“Selain itu juga untuk pembentukan karakter anak didik yang terbiasa hidup sehat dan bersih. Pendidikan anak usia dini tidak dapat berdiri sendiri perlu bantuan berbagai pihak. Untuk itu kami juga menggandeng OPD untuk terlibat kegiatan ini,” ujarnya.

Pendidikan anak usia dini tidak dapat berdiri sendiri perlu bantuan berbagai pihak. Untuk itu kami juga menggandeng OPD seperti Dinas Kesehatan, Bappeda, Dinas DP3AP2KB, Kesra, Fakultas Pertanian UTP, ITS PKU Muhammadiyah, Fakultas Kesehatan Gigi UMS, Gita Pertiwi untuk terlibat kegiatan ini.

Acara dihadiri perwakilan dari organisasai mitra PAUD yaitu PKK, GOPTI, PKG, IGTKI, HIMPAUDI. Acara dibuka Plt Kadisdik Surakarta Drs Hery Mulyono MM. Narasumber Ketua UKS Pusat dari Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbud RI Agus Suharyanto SIP MA, dan Ketua BK UKS Kota Surakarta Hartoyo SPd MPd.

Hartoyo adanya implementasi stratifikasi UKS/M adalah produk dari proses pemecahan masalah-masalah pelaksanan UKS/M. Perilaku merupakan penyebab terbesar dalam implementasi stratifikasi UKS/Madrasah.

“Hakikat penilaian diawali pengetahuan, sikap dan Tindakan. Tahu atau tidak tahu, mau atau tidak mau, mau atau tidak mampu,” ujar Hartoyo.

Salah satu peserta diklat, Jatmiko Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Sekolah Sehat SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta menyampaikan sekolah yang berdiri sejak 1935 telah juara 1 sekolah sehat tingkat provinsi tahun 2019.

“Al hamdulillah pernah meraih karya video terbaik 1 pekan Usaha Kesehatan Sekolah bertajuk ‘Optimalisasi UKS, Lindungi Warga Sekolah dari Covid-19’ dalam Gebyar Gema Pertiwi Pelajar Pancasila acara kemendikbudristek tahun 2021. Terima kasih atas undangannya bapak Agus Suharyanto,” terangnya.


Kontributor, Jatmiko.

Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved