Apa Tujuan Kurikulum Merdeka?

Rabu, 22 Juni 2022 : 09:58

 


sdmuh1solo.com - Kurikulum Merdeka dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. 
Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah: 1) Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil Pelajar Pancasila. 2) Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. 3) Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal. 
Kurikulum merdeka ini sebenarnya bukan baru karena embrionya sudah dijalankan sejak Kurikulum Darurat, Kurikulum Prorotipe, kemudian disahkan sebagai Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka dianggap solusi oleh Kemdikbudristek atas kesenjangan belajar (learning loss) akibat pandemi. Cukup logis memang, karena Kurikulum Merdeka terfokus pada ketertinggalan pembelajaran. 

Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved