Hari Jadi UMS ke-63, Apresiasi Dalang Cilik SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta

Sabtu, 13 November 2021 : 00:00


sdmuh1solo.com - Dalam rangka semarak Milad, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan acara nonton bareng Wayang dengan Dalang Cilik Muhammadiyah dari SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Gibran Maheswa Javas Setyawan kelas 4 SD dan Brama Kasawa kelas 3 SD.

Wayangan bersama dalang cilik Muhammadiyah ini, dilaksanakan pada Ahad, 13 November 2021 di Gedung Edutorium K.H Ahmad Dahlan UMS dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dengan membatasi tamu undangan hingga 40% dari kapasitas gedung.

Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif M. Si, menyampaikan pagelaran wayang ini mengangkat nilai karakter bangsa.

“Karakter bangsa ini harus dibangun dari karakter generasi mudanya. Maka tidak cukup beralasan bahwa ketika negara berbicara karakter bangsa, tetapi tidak menyiapkan sejak dini generasi penerus dan ini dimulai dari pendidikan. Bahkan pendidikan tingkat dasar sudah harus dimulai, terlebih lagi mahasiswa,” ujarnya.

Ia juga berpesan bahwa UMS dapat mengimplementasikan visinya, sebagai lembaga perguruan tinggi yang mampu memberikan warna terhadap peradaban bangsa, negara, maupun internasional.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Harijadi ke-63 UMS, Jumadi SSi, MSc, PhD, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan serangkaian acara Milad UMS ke-63 dan wujud perhatian terhadap kesenian.

“Value yang diangkat dalam pertunjukan ini, merupakan manifestasi bahwa pendidikan bisa mempengaruhi karakter seseorang. Hal ini juga wujud apresiasi seni yang dimiliki oleh SD Muhammadiyah 1 Surakarta,” papar Ketua Panitia Jumadi UMS ini.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd mengungkapkan rasa gembiranya, dan bangga karena dua siswanya diberi kesempatan oleh UMS untuk mengisi acara serangkaian Harijadi ke-63.

“Ajang ini sekaligus memberi kesempatan siswa dalam mengaktualisasikan dirinya dalam mengembangkan minat dan bakat. Selain itu, siswa bisa memiliki kepercayaan diri yang lebih sehingga mampu mewjudkan profil pelajar yang diharapkan SD Muhammadiyah 1 Surakarta,” ujar Kepala Sekolah Penggerak, Sayekti.


Humas, Jatmiko.

Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved