Humas Sekolah Terima Seragam Jurnalismu Jawa Tengah

Selasa, 12 Oktober 2021 : 00:00


sdmuh1solo.com – Humas SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Jatmiko terima seragam Jurnalismu sebagai penghargaan dari Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah Jawa Tengah. Penghargaan diberikan atas partisipasi sebagai kontributor terproduktif I, portal media online pwmjateng.com periode tahun 2020.

“Terima kasih atas aparesiasinya MPI Jawa Tengah. Sesuai supervisi klinis Kepala Sekolah Hj Sri Sayekti MPd, Humas harus berupaya meningkatkan kapasitas dan tugasnya. Sehingga berita dan gambar-gambar yang dihasilkan semakin baik dan bermanfaat untuk pengembangan sekolah,” ungkap Jatmiko, Selasa (12/10/2021).

Menurut Jatmiko, tugas internal humas lebih kepada tugas teknis, seperti, memfasilitasi kegiatan komite  sekolah, menjalin komunikasi dengan para orang tua siswa, menjalin hubungan dengan sekolah-sekolah yang lain, memperluas hubungan dengan sekolah-sekolah dalam rangka mempererat kerja sama antar sekolah.

Menjalin kerja sama dan bersinergi dengan instansi atau lembaga lain yang terkait dengan pendidikan, mengembangkan hubungan yang harmonis dengan dinas-dinas terkait terutama lembaga struktural dinas pendidikan, baik tingkat kabupaten/kota propinsi, hingga nasional.

“Melakukan komunikasi secara berkala dengan lembaga-lembaga media baik online maupun cetak, jurnalis dalam skala nasional. Syarat humas sekolah passionya suka internet dan sosial media”paparnya. 

Baik ke dalam maupun ke luar, humas dilembaga pendidikan memiliki fungsi yang sama; bagaimana membangun komunikasi dan persepsi positif kepada stakeholders pendidikan dari negatif menjadi positif. 

“Semula dari sikap antipati menjadi simpati, sikap kecurigaan berubah penerimaan, dari masa bodoh bergeser pada minat dan dari sikap lalai menjadi pengertian,” ungkapnya.

Beberapa prestasi yang dipersembahkan bidang humas, di bawah sentuhan jatmiko di antaranya Humas Reward terbaik pertama tahun 2019, Kontributor Terproduktif Pertama tahun 2020, Amal Usaha Muhammadiyah Terproduktif tahun 2020, Pengelolaan Rilis Media dari CV Citra InterMedia Solusindo yang menaungi Warta Bengawan. Lalu dari PT Radio Karya Pancara Swaramedia yang menaungi Radio KarysmaFM. Dan dari Kabar Joglo, tegas, luwes dan berbudaya.

“Al hamdulillah, Sekolah berhasil membuat jejak digital sebanyak 124 berita dan akhirnya diganjar piagam penghargaan dari Majelis Dikdasmen Solo tahun 2021,” pungkasnya.


Humas, Jatmiko.

Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved