11 Sekolah Dasar Deklarasi Sekolah Ramah Anak

Senin, 01 Maret 2021 : 11:35


sdmuh1solo.com -
 Sebanyak 11 sekolah dasar (SD) Gugus II RA Kartini Koordinator Wilayah III Kecamatan Banjarsari Solo mendeklarasi sekolah ramah anak.

Ke-11 SD itu adalah SDN Bromantakan 56, SDN Beskalan No. 14, SDN Madyotaman No. 38, SDN Ketelan No. 12,  SD Islam Unggulan Al Khoir, SD Al Firdaus, SD Kristen Triwindu, SDIST Ibnu Qoyyim, SDN Tumenggungan No. 28, SDN Yosodipuro No. 104, dan SD Muhammadiyah 1 Ketelan.

Pembacaan diklarasi dipimpin Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Hj Sri Sayekti, Jumat (26/2).

Hadir dalam acara itu, Kasi Kurikulm Bidang SD Dinas Pendidikan Kota Solo , Priyono S.Pd, MPd, Kabid Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Solo, Reni Andri Lestari ST MT,  perwakilan komite sekolah, dan presiden republik aeng-aeng Mayor Haristanto.

Ketua Gugus, II Suro menyatakan, dengan deklarasi sekolah ramah anak (SRA) diharapkan sekolah mampu menjadi rumah kedua yang aman, bersih sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak, perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya.

“Deklarasi sekolah ramah anak merupakan tahapan awal dalam upaya mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak selama delapan jam anak berada di sekolah,” ujarnya.

Menurut Suro, SRA bertujuan mencegah kekerasan terhadap anak dan warga sekolah lainnya. Mencegah anak mendapatkan kesakitan karena keracunan makanan dan lingkungan yang tidak sehat, kecelakaan di sekolah yang disebabkan prasarana maupun bencana alam, serta mencegah anak menjadi perokok dan pengguna napza.

“Menciptakan hubungan antar warga sekolah yang lebih baik, akrab, dan berkualitas sehingga anak terbiasa dengan pembiasaan yang positif serta memudahkan pemantauan kondisi anak selama anak di sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan,” katanya.

Sementara, anggota pelaksana bidang koordinasi dan sosialisasi, Jatmiko berharap SRA bisa memunculkan manusia pembangunan Indonesia berkemajuan dan berkeadaban baik era industri 4.0 menju era society 5.0.

“Harapan kita semoga mampu mengantarkan peserta didik ke masa depan yang hebat. Khusus SD Muhammadiyah 1, sudah ada SK Kepala Sekolah Nomor 281/III.4AU/A/II/2021 tim pelaksana sekolah ramah anak masa bakti tahun 2021-2024 dengan pembina Etty Retnowati SH MH Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo,” ujarnya.

Humas, Jatmiko.

Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved