Pelepasan Online di Tengah Covid-19

Selasa, 16 Juni 2020 : 21:36
Acara
Tema: “Pelepasan Online Siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Tahun Ajaran 2019/2020)”
-Luluskan 140 Siswa, Dilepas Daring
-Orang tua mengambil rapor di sekolah dengan protokol kesehatan

Narasumber
Kepala Sekolah, Hj. Sri Sayekti, SPd, MPd

Waktu
Senin, 15 Juni 2020
Durasi : 30 menit (09.00-09.30)


Rundown
08.50-08.55 :
- Solopos mulai live
- host menyapa audiens (Salam Edukasi, Sobat Espos)
- Kenalkan nama host,
- Prolog acara “Pelepasan Online Siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Tahun Ajaran 2019/2020)

08.55 - 09.00:
- SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo bergabung live (proses)
- Menyapa Ibu Sri Sayekti

09.00 - 09.25:
Ulasan kegiatan
Draf pertanyaan (bisa berkembang)
1. Hari Senin ada agenda apa di SD Muh. 1 Ketelan ?
2. Pelaksanaan pelepasan seperti apa ?
3. Bagaimana dengan nilai anak-anak?
3. Bagaimana pengambilan rapor ?
4. Ada lulusan terbaik ?
5. New normal, bagaimana dengan rencana kegiatan belajar mengajar tahun ajaran baru (2020/2021) ?

09.25-09.28 : closing dari SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, pesan Kepala Sekolah
09.28-09.30 : closing host, (Salam Edukasi, Sobat Espos)



Dampak pandemi Covid-19, Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta akan menggelar pelepasan secara online. Siswa dan wali murid bisa melihat lewat website sekolah di https:sdmuh1solo.com dan akun Youtube sekolah.

Rencananya, pelepasan sebanyak 140 siswa kelas VI angkatan Corona tahun pelajaran 2019/2020 yang penuh cerita, dihelat Senin 15 Juni 2020.

“Pelepasan online adalah sebuah terobosan sekolah rujukan nasional pendidikan karakter berbasis TIK dan pelepasan offline tidak bisa diselenggarakan akibat pemberlakukan social distancing. Tidak ada PAT, US, … 6 tahun yang lalu anak-anak masih mungil datang dalam pelukan kami. Sekarang kami harus melepas anak-anak tanpa jabat tangan, tidak boleh berkumpul dan mengadakan acara-acara. Bisa saja anak-anak ini akan dikenal sebagai angkatan Corona. Ya “Angkatan Corona”,” jelas Kepala Sekolah Hj Sri Sayekti, yang juga menjadi Sekolah Rujukan Nasional.

Anak-anak harus melewati kelulusan saat negara kita sedang diuji Allah dengan Covid-19. Tetapi jangan khawatir, angkatan ini akan terus dikenang sepanjang masa.

“Anak-anak ini adalah angkatan pertama yang lulus dan memiliki ijazah hanya dengan nilai raport. Semua serba mendadak bukan?  tamat sekolah dan menjadi alumni mendadak. Tidak ada resepsi pelepasan,” ujar Sayekti.

Sayekti menyampaikan pesan:
Anak-anak tetap semangat, ini adalah cobaan yang harus dilewati bersama. Pasti Allah sudah menyiapkan hadiah yang manis untuk kita setelah lulus ujian ini. Anak-anak akan terlahir sebagai generasi-generasi yang hebat. Yakinlah, selalu ada pagi yang terang setelah malam gelap gulita.

Kepada bpk/Ibu wali siswa sekolah mengembalikan putra-putri tercinta ke pangkuan orang tua untuk dipersiapkan melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi.
Mewakili persyarikatan dan lembaga SD Muhammadiyah 1 Ketelan mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya dan mohon maaf atas segala kekurangan.
Harapan sekolah perubahan paradigma pendidikan saat ini bisa disikapi dengan membuka hati dan pikiran karena pendidikan akan terus berjalan sesuai zamannya

Sayekti menambahkan pada pelepasan ini
Meluluskan,

Tiga lulusan terbaik yaitu Pertama Indira Al Farra syifa Putri dari Dwi Winarto, Kedua Azria Ahsan Maulana Hartanto Putra dari Tri Hartanto, ST, Ketiga Annisa Rahmani Putri dari Taufiq Rachman S.TP., MT.

Tiga hal penting ditekankan Sri modal sukses siswa Muhammadiyah di manapun. Yaitu, sholat, mengaji, dan patuh serta hormat kepada guru dan orang tua.

”Mendidik generasi berakhlak dan mengusai teknologi. Perjalanan masih panjang, cita-cita belum tercapai. Tetaplah semangat gapai impian dan cita-citamu. Anak-anak yang hebat, ingat pesan bu Yekti selalu jalankan perintah Allah dan jauhi semua larangan-Nya. Jangan tinggalkan salat, berbakti dan hormati orang tua dan gurumu, selalu sayangi teman-temanmu, jaga selalu nama baik almamater sekolah,” pungkasnya
Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved