Ramadhan Bulan Kesabaran

Jumat, 29 Mei 2020 : 22:21
Ramadhan Latih Kesabaran

Assalamu’alaikum Wr.wb.,

اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِيْ خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيٰوةَ لِيَبْلُوَكُمْ اَيُّكُمْ اَحْسَنُ عَمَلًاۗ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْغَفُوْرُۙ،أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِى الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ. اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اُولٰۤىِٕكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِۗ

Para Pendengar yang berbahagia,

Al Hamdulillah, bersyukur senantiasa kita panjatkan kepada Allah, atas berbagai nikmat yang Allah selalu berikan kepada kita, semoga  nikmat kesempatan hidup, semoga nikmat sehat, dan demikian juga nikmat kesempatan yang Allah berikan kepada kita, menjadikan kita semakin bersyukur dan semakin dekat dengan Allah Swt.,

Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Rasulullah Muhammad Saw., kepada keluarga beliau, para sahabat beliau, dan Insya Allah siapapun orang-orang yang selalu mencontoh perilaku beliau, Insya Allah pula, termasuk kita semua.

Hidup di dunia tidaklah begitu lama, tentu kita harus berjuang dan berusaha, untuk menjadi hamba Allah yang terbaik, yang dalam al quran surat al Bayyinah dikatakan Khairul bariyyah sebaik-baik hamba Allah.

Siapa itu? sebaik-baik hamba Allah, mereka itu adalah اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ Sungguh, orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, adalah hamba Allah yang terbaik.
Para Pendengar Solopos FM yang berbahagia,

Ditengah mewabahnya virus corona (Covid-19), beragam respons dtunjukkan oleh masyarakat. Ada yang panik, ada yang cemas, ada yang biasa saja, dan ada yang sabar dan waspada. Tetapi, ada juga yang menanggapinya dengan acuh tak acuh.

Dengan puasa yang ikhlas dan hanya mengharap ridha Allah SWT, kita telah mendapat separuh kesabaran. Separuh lagi didapatkan, dengan cara tetap menjaga ketaatan kepada Allah SWT, karena kita adalah manusia, yang penuh dengan dosa, kekhilafan, serta kealpaan.

Nabi Muhammad Saw., menganjurkan umatnya untuk bersabar ketika menghadapi wabah penyakit. Pernah ketika menghadapi wabah penyakit tha’un,

Rasulullah Bersabda: Thau’n merupakan azab yang ditimpakan kepada siapa saja yang Allah kehendaki. Dia jadikan rahmat, kepada kaum Mukminin.

“Tidaklah seorang hamba yang disitu terdapat wabah penyakit, tetap berada di daerah tersebut dalam keadaan bersabar, meyakini bahwa tidak ada musibah kecuali atas takdir yang Allah tetapkan, kecuali ia mendapatkan pahala seperti orang yang mati syahid.” HR. Bukhari.

Anjuran untuk isolasi atau karantina bagi mereka yang berpotensi terkena Virus, (ODP dan PDP) dan yang sudah positif terinfeksi ternyata sesuai dengan anjuran Rasul Saw.,

Para Pendengar  yang berbahagia,

Menjaga kesabaran bukan hal yang mudah. Namun, semua itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan pahala yang sangat besar dari Allah SWT untuk orang-orang yang bersabar.

Sebagaimana dalam surat Az-Zumar ayat 10,

قُلْ يٰعِبَادِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوْا رَبَّكُمْ ۗلِلَّذِيْنَ اَحْسَنُوْا فِيْ هٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗوَاَرْضُ اللّٰهِ وَاسِعَةٌ ۗاِنَّمَا يُوَفَّى الصّٰبِرُوْنَ اَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ - ١٠

“Katakanlah: Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. Bertakwalah kepada Tuhanmu. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.”

Mengikuti arahan dan nasihat para ulama dalam tata cara beribadah yang sesuai tuntunan Allah dan rasulNya adalah cara yang benar dan selamat dunia akhirat.

Mudah-mudahan, kelak kita mendapatkan ridha Allah SWT, mendapatkan pahala kesabaran seperti yang Allah telah janjikan dalam firman-Nya dengan cara menjaga kualitas dalam melaksanakan ibadah puasa.

.Demikian terima kasih, wassalamu’alaikum wr.wb.
Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved