Fadilah Ramadhan

Jumat, 29 Mei 2020 : 22:26
Keutamaan Bulan Ramadhan

Assalamu’alaikum Wr.wb.,

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ،

Para Pendengar  yang berbahagia,

Al Hamdulillah, kita bisa dipertemukan dengan bulan Ramadhan, bulan suci yang di dalamnya banyak keutamaan walaupun kini sedang kita rasakan datangnya ujian berupa virus corona, yang dikenal dengan nama Covid-19.

Di antara keutamaan Ramadhan,  Pertama: Ramadhan merupakan syahrul Alquran (bulan Alquran). Dinamakan syahrul Quran karena pada bulan ini diturunkan permulaan Alquran.

Allah Swt berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). (Qs. Al-Baqarah: 185).

 Amalan yang paling dianjurkan Allah Swt dan Rasul-Nya di bulan ini adalah memperbanyak tadarus Alquran (interaksi dengan Alquran).

Rasulullah Saw telah memberikan contoh teladan kepada kita bagaimana menghidupkan hari-hari Ramadhan. Disebutkan dalam riwayat Ibnu Abbas ra. bahwa pada bulan Ramadhan Rasulullah Saw selalu bertadarus Alquran dengan malaikat Jibril as. (HR. Al-Bukhari).

Para Pendengar yang berbahagia,

Kedua, Ramadhan merupakan syahrun mubarak (bulan penuh keberkahan), di dunia maupun di akhirat.

Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya bulan yang penuh berkah telah datang kepada kalian. Allah Swt mewajibkan kalian puasa padanya. Di bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para syaitan diikat. Padanya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barang siapa dihalangi dari kebaikannya, maka ia benar-benar telah dihalangi.” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi).

Di antara keberkahan Ramadhan adalah dilipatgandakan pahala ibadah seseorang. Suatu ibadah sunnat yang dilakukan di bulan Ramadhan senilai ibadah wajib di bulan lainnya.

Rasulullah Saw bersabda, “Wahai manusia, telah datang kepada kalian bulan yang agung dan penuh berkah. Di dalamnya terdapat satu malam yang nilai (ibadah) di dalamnya lebih baik dari seribu bulan. Allah menjadikan puasa pada siang harinya sebagai sebuah kewajiban, dan menghidupkan malamnya sebagai perbuatan sunnah. Siapa yang mendekatkan diri (kepada Allah) dengan satu kebaikan (pada bulan itu), seolah-olah ia mengerjakan satu perbuatan wajib pada bulan lainnya. Siapa yang mengerjakan satu perbuatan wajib pada bulan yang lain, ia seolah-olah mengerjakan tujuh puluh kebaikan di bulan lainnya.” (HR. Baihaqi).

Para Pendengar  yang berbahagia,

Ketiga: Ramadhan merupakan bulan ibadah dan ketakwaan. Pada bulan ini Allah Swt mewajibkan puasa selama sebulan penuh. Tujuannya adalah untuk menjadi orang bertakwa (muttaqin)

sebagaimana firman Allah Swt: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.” (Al-Baqarah: 183).

Semoga kita tidak termasuk orang-orang merugi selama di bulan Ramadhan ini, yang hanya menahan lapar dan haus tanpa nilai pahala di sisi Allah.

Jadikanlah Ramadhan kali ini terbaik sepanjang umur kita. Seolah-olah ini Ramadhan terakhir. Semoga kita dapat meraih berbagai keutamaannya dan menjadi orang yang bertakwa. Amin..! Demikian terima kasih, wassalamu’alaikum wr.wb.

Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved