Ajarkan Toilet Training dan Kesehatan Reproduksi Sejak Dini

Jumat, 06 Desember 2019 : 03:00
Ajarkan Toilet Training dan Kesehatan Reproduksi Sejak Dini
sdmuh1solo.com - Dengan  membumikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), promotif-preventif tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif.

SD Muhammadiyah 1 Ketelan, gelar toilet training dan reproduksi sejak dini untuk mewujudkan derajat kesehatan warga sekolah, Jum’at (6/12/2019).

Wakil kepala sekolah bidang Humas, Jatmiko menerangkan bahwa bagi sebagian orang, memberbicarakan keterampilan untuk pipis dan buang air besar di toilet serta reproduksi adalah sesuatu yang tabu.

”Dengan adanya pendidikan kesehatan sejak dini diharapkan anak bisa lebih tahu dan tidak mencoba-coba, dengan prinsip hidup sehat dan peningkatan ketrampilan dalam melaksanakan hal yang berkaitan dengan pemeliharaan, pertolongan dan perawatan mencakup cuci tangan pakai sabun, penggunaan jamban sehat, dan pengelolaan kebersihan saat menstruasi,” ujarnya.

Ditraining oleh guru olahraga Wiyatno, S.Pd, Hafid Sinung E, S.Pd, Hanif Al Dilatthof, S.Pd dan Usaha Kesehatan Sekolah Nurtiningsih, A.Mk serta Puskesmas Stabelan.

Tata tertib masuk kamar mandi. Pertama, baca do’a masuk kamar mandi, Kedua, ganti sandal, Ketiga, buang air kecil atau besar di closet, Keempat, siram sampai tidak berbau, Keenam, baca do’a keluar kamar mandi, Ketujuh, kembalikan sandal pada tempatnya, dan kedelapan, dilarang membuang sampah di dalam closet.

Siswa-siswi sangat antusias dengan kegiatan ini. Buktinya dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

”Pak, bagimana cara kita menghindari supaya toilet tidak bau,” pertanyaan dari salah satu siswa putra yang langsung di sambut geerrr dari siswa lain.


Humas, Jatmiko.
Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved