Humas Jatmiko Ikuti FGD “Mengupas Kuisioner Riset Kantin Sehat”

Senin, 26 Agustus 2019 : 11:21
sdmuh1solo.com - Humas SD Muhammadiyah 1 Ketelan ikuti Focus Group Discusion (FGD) mengupas Kuisioner Riset Kantin Sekolah Sehat Berdasarkan Surat Direktur Program Gita Pertiwi Ecological Studies Programme. Nomor : 29/GP/DIR/VIII/2019 tanggal 16 Agustus 2019 bekerja sama dengan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), di Ruang Harris Hotel dan Convention Jl. Slamet Riyadi No. 464, Purwosari Laweyan, Solo, Kamis (22/8/2019).

FGD diikuti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Kepemudaan dan Olahrga, Loka POM Surakarta, Perwakilan Sekolah Adiwiyata, Akademisi, Pegiat Perlindungan Anak, Pengelola Kantin, Siswa dan perwakilan Wali murid.

Jatmiko mengatakan, sekolah yang mengembangkan 5 hari belajar, sehari bisa mecapai 10 jam di sekolah, berarti asupan makan dan minum sangat dibutuhkan selama anak beraktivitas.

“Tadi  dalam diskusi interaktif, kami mendapatkan paparan dari tim riset YLKI, Kepala Loka POM, Ketua BK UKS kota. Terkhusus manajemen kantin sehat SD Muh 1 ada PJ bu SW. Winarsi, S.Ag., S.Pd, ada SK-nya, menjabat lebih dari 3 tahun, ada 7 orang tim, 6 orang pelaksana,” ujarnya.

Untuk pangan jajanan anak sekolah yang menyedikan tim pengelola kantin sebagai koordinator dan dinas kesehatan (Labkesda), dilengkapi SOP kantin sehat harus lolos uji laboratorium makanan maupun minuman, dipasok oleh orang tua siswa dan mitra sekolah.

Yang jadi pemasok kantin bersedia mematuhi SOP karena ada monitoring intern sekolah secara terjadwal, dinas kesehatan melalui puskesmas Stabelan dan terakhir dalam rangka audit kesehatan atau ketahanan pangan bulan Agustus 2019 dari badan POM Jawa Tengah.

Mengingat pentingnya kantin bagi proses tumbuh kembang anak, sudah selayaknya sekolah memiliki tanggung jawab yang besar dalam mewujudkan kantin yang aman dan sehat.

“Kami memiliki visi membentuk lembaga pendidikan Unggul Kompetitif  dengan  sumber daya insani yang berakhlaq mulia, berkarakter utama, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, sehat, dan  peduli lingkungan hidup dan ramah terhadap anak,” imbuhnya.

Humas Jatmiko.
Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved