SD Muhammadiyah 1 Ketelan Maju LSS Tingkat Karesidenan Surakarta

Senin, 26 Agustus 2019 : 11:28
sdmuh1solo.com – SD Muhammadiyah 1 Ketelan mewakili Kota Solo maju dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Eks Karesidenan Surakarta.

Penilaian dalam rangka LSS tersebut telah dilaksanakan tim juri di sekolah setempat Senin (19/8/2019), yang juga dihadiri Pengawas gugus II Drs. Mulyanto, M.Pd, Komite Sekolah Drs. H. Muchsin al Rasyid, dan Eny Wahyuni dari Puskesmas Stabelan.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Jatmiko mengatakan, ada beberapa hal dinilai oleh tim juri dalam LSS tersebut.

Seperti ketersediaan sarana dan prasana penunjang sekolah sehat, pelaksanaan kegiatan usaha kesehatan sekolah (UKS), perilaku hidup sehat peserta didik, dan lain-lain.

’’Kami juga menyiapkan berbagai hal untuk menghadapi penilaian dari dewan juri dalam LSS tersebut, jauh hari sebelumnya,’’ ujarnya.

Bentuk persiapan itu, meliputi UKS modern dilengkapi 1 set alat periksa gigi plus dokter yang menanganinya, ruang laboratorium MIPA, Botani, Radio Solo Belajar, Komputer dan Bahasa, Karawitan, Musik, Perpustakaan terakreditasi A, Musholla, Toilet terpisah putra-putri, adanya poster “Tidak Merokok di Sekolah”, Inovasi Bank Sampah, Apotik Hidup, optimalisasi tugas Dokter Kecil (Dokcil), dan 30 Ekstrakurukuler terutama yang berhubungan dengan perilaku berisiko bahaya rokok dan narkoba, HIV, AIDS, seks bebas, juga kesehatan reproduksi.

’’Tahun 2018 kita juara I, tertanggal 27 Agustus 2018 Kepala Dinas Pendidikan Etty Retnowati, SH., MH,’’tambahnya.

Menurutnya, upaya-upaya yang dilakukan itu selaras pula dengan prestasi SD Muh 1 yang berhasil memperoleh penghargaan Adiwiyata tingkat kota, Kantin sehat tersertifikat dinkes.

Memasuki usianya yang ke-84 tahun mengalami kemajuan, di antaranya Sekolah Dasar Swasta Rujukan Versi Kemendikbud RI, Sekolah Model Pustekkom, Sekolah Percontohan Program Simpanan Pelajar KIA, dan sekolah unggulan serta rujukan budaya baik tingkat provinsi maupun nasional.

Sekolah Sehat, bukan merupakan tujuan akhir.  Namun yang utama pihaknya ingin terus menerus menggelorakan semangat dan komitmen dalam mewujudkan sekolah sehat, baik dalam aspek kesehatan jasmani mapun rohani.

’’Sehingga kami berharap nantinya akan terbentuk karakter dan budaya sehat di warga sekolah baik siswa, guru karyawan maupun orang tua untuk menunjang kelancaran kegiatan belajar mengajar,’’jelasnya.

Salah satu tim penilai, Hartoyo meminta para guru harus bisa menjadi teladan bagi para siswanya, dan terus memotivasi siswa-siswanya untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

’’Terkait sekolah sehat, SD Muh 1 cukup baik di sarpras dan inovasi kantin. Kembangkan program parenting di Trias UKS untuk murid, guru, komite, orang tua, tingkatkan kebersihan di kompleks SD sesuai slogan, pola pikir guru ramah anak tingkatkan, perkuatjejarig dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), tambah doketr kecil dan guru yang berdiklat UKS, implementasikan Germas di sekolah, sehingga target kartu golongan darah murid dan guru diraih,’’ pesannya.


Humas Jatmiko.
Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved