Hebat, Sekolah Swasta Terbaik Solo Maju Tingkat Karesidenan

Selasa, 27 Agustus 2019 : 09:28
sdmuh1solo.com - Prestasi membanggakan kembali di torehkan SD Muhammadiyah 1 Ketelan karena berhasil menggondol juara I sekolah sehat tingkat Kota Surakarta tahun 2019, dan berhak mewakili kota solo dalam lomba sekolah sehat tingkat eks Karesidenan. Setelah melalui berbagai penilaian lomba.

"Berdasarkan lampiran keputusan kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Nomor: 954/2523.3/Kep/DIKDAS SD/2019 dinobatkan juara I dan berhak menerima uang pembinaan Rp. 5.000.000,-. Al Hamdulillah, Tim penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat eks Karesidenan telah mengadakan penilaian ke SD Muh 1 Selasa (27/8/19), seperti toilet, kantin, lingkungan dan manajemen UKS," kata Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Rabu.

Jatmiko menjelaskan, selain lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, juga menjadi destinasi pendidikan dan pemicu tersendiri bagi masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya.

Selama ini sekolah telah dinobatkan menjadi SD Rujukan, Sekolah Unggulan, Sekolah Pendidikan Karakter berbasis TIK dan Budaya, Sekolah Sehat dan Sekolah Adiwiyata.

"Lomba ini tidak saja bermanfaat bagi sekolah, namun merupakan langkah strategis petik praktik baik gotong royong di era kekinian yang melibatkan semua elemen, terutama guru, siswa, paguyuban orang tua siswa (PGOTS), komite dan dinas terkait," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Hj. Sri Sayekti, M.Pd mengatakan, salah satu upaya yang telah dilaksanakan sekolah dalam meningkatkan sumber daya manusia berkualitas, adalah melalui peningkatan pelaksanaan program Usaha kesehatan Sekolah (UKS).

"UKS di dirikan bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi melalui peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat serta menciptakan lingkungan sekolah yang sehat. Yang muaranya mampu mengubah perilaku peserta didik agar memiliki budaya hidup bersih dan sehat serta mampu menanamkan perilaku tersebut di rumah maupun di masyarakat sekitarnya," katanya.

Keberadaan UKS sangat penting peranannya bagi warga sekolah, bila ada siswa yang sakit atau mengalami kecelakaan ringan menjadi pelayanan medis yang pertama.

Ruang pelayanan siswa terbagi atas siswa laki-laki dan perempuan, satu ruang terdapat dua tempat tidur, satu ruangan tindakan seperti praktik dokter yang bekerja sama Puskesmas Stabelan dan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo, diperkuat satu set alat periksa gigi.

Adapun juara sekolah sehat tingkat Kota Surakarta diraih SD Muhammadiyah 1 Ketelan Kecamatan Banjarsari, di susul SD Marsudirini peringkat dua dan SD Negeri Kemasan 1 peribgkat tiga.


Humas, Jatmiko.
Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved