Ratusan Siswa Hari terakhir MPLS, Kunjungi Mangkunegaran Berjalan Kaki

Kamis, 18 Juli 2019 : 01:00
sdmuh1solo.com – Ratusan siswa kelas 1A, B, C dan D berjalan kaki dari SD Muhammadiyah 1 Ketelan napak tilas sejarah dengan mengunjungi Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah pada Kamis (18/7/2019).

Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru tahun ajaran 2019/2020.

SW. Winarsi Ketua MPLS mengatakan, kunjungan museum dengan berjalan kaki ini guna menumbuhkan rasa memiliki dan ikut melestarikan, merawat peninggalan warisan nenek moyang.

"SD Muh 1 sekolah budaya, mengapa jalan kaki? Jalan kaki ini ibaratnya untuk menelusuri Perjuangan Jenderal Sudirman sebagai Tokoh Hizbul Wathan saat bergerilya. Ia berlatar belakang seorang guru HIS Muhammadiyah di Cilacap dan giat di kepanduan Hizbul Wathan,  dari sekolah tadi ke Mangkunegaran jalan kaki sekitar 10 menit," ujarnya.

Seorang siswi yang ikut berjalan kaki mengatakan, walaupun kegiatan ini cukup melelahkan, namun pihaknya tidak mengeluhkan.

"Lumayan capek tapi ikut senang, seru bisa jalan-jalan bareng," ujar Shakia Rifda al Ghossani.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas menambahkan, kegiatan kunjungan museum, juga untuk mengenalkan sejarah, karena menurutnya masih banyak siswa yang belum pernah berkunjung ke museum.

"Sekolah selalu mendorong optimalisasi zonasi wisata terdekat dengan sekolah, dengan harapan mampu mengenal, mengenang dan memotivasi para siswa, sehingga integrasi proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler di sekolah bisa dilaksanakan dengan berbasis pada pengembangan budaya sekolah maupun melalui kolaborasi dengan komunitas-komunitas di luar lingkungan pendidikan, yang muaranya sinergi tiga pusat pendidikan, yaitu sekolah, keluarga (orang tua), serta komunitas (masyarakat)," kata Jatmiko.


Humas Jatmiko.

Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved