Beri Reward Buah Hati

Rabu, 15 Mei 2019 : 22:38
radar solo jawa pos
sdmuh1solo.com - Puasa telah diproklamirkan Allah SWT dalam Qur'an Surat al Baqarah Ayat 183. Bertolak dari dimensi iman, kemudian dilanjutkan berpuasa dan ditutup dengan taqwa.

"Tidak mungkin seorang anak dilatih dan dibiasakan puasa dalam arti sesungguhnya, kalau tidak diajarkan keimanan atau keyakinan sejak dini. Dan tidak mungkin seseorang bisa bertaqwa, tanpa orang itu mampu menghayati akan hikmah puasa," ujarnya.

Percaya janji Allah SWT yang telah menyiapkan hari yang lebih baik, yaitu di akhirat. Tempat dan kenikmatan yang luar biasa lebih baik dari pada dunia, yakni Surga. Begini cara Efektif orang tua mengajarkan puasa kepada sang buah hati.

"Mengasuh dan membimbing anak agar puasa harus dengan uswah atau contoh," kata Waka Humas Jatmiko. Apalagi dibulan Ramadan, tiga pilar pendidikan yang diungkapkan Ki Hajar Dewantara. Pertama ialah alam keluarga, perguruan, dan alam pergerakan pemuda.

"Terutama orang tua bisa mengajarkan rukun Islam, mendongeng keutamaan puasa, dilatih periodisasi waktu, biasakan anak kita dengan bangun sahur dan buka puasa bersama dengan suasana spesial dan gembira," jelasnya.

Dan anak jangan dipaksa, pelan pelan bukan takut atau terpaksa pasti anak akan ikut orang tua, adapun dari sekolah ada buku monitoring puasa dan amal saleh.

Humas Jatmiko.
Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved