SD Muh 1 Raih Dua Gelar Juara dalam Biologi UNS

Rabu, 12 Desember 2018 : 02:30
sdmuh1solo.com - Tim LCC dan satu siswa Sekolah Dasar Swasta Rujukan (SDSR) SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta meraih juara dalam ajang Biology’s Of Islamic Competition 2018 SD/MI se-Solo Raya yang diselenggarakan oleh HMP Pendidikan Biologi Biosfer FKIP UNS, dengan tema “Membangun Generasi Ihsan,Mewujudkan Karakter Islam”, Ahad (9/12/18).

Mereka adalah Najwa Shafa Habiba, Maulana Arkan Atthariq, Wildan Haris Rasikh yang menjadi Juara I lomba Cerdas Cermat PAI dan Carissa Marcheta Bianca Putri Juara II Kaligrafi.

SD Muh 1 mengirimkan 2 delegasi untuk mengikuti ajang kompetisi tersebut. Imam Priyanto, Waka Kesiswaan, menuturkan setiap peserta memiliki kelebihan, keunggulan dan potensi yang hebat.

“Momentum bisa meraih prestasi ini, tentunya ada rasa bangga yang luar biasa,” ujarnya. Imam menjelaskan, Carissa Marcheta Bianca Putri siswa kelas VD meski tampak santai saat lomba tapi ia berkonsentrasi agar tepat waktu menyelesaikan kaligrafinya.

“Penilaian kategori lomba kaligrafi, seputar tentang ketrampilan kaidah tulisan, kebersihan dan keindahan tulisan, dan keserasian warna dengan materi Qs. Al Kahfi ayat 1 dengan jenis tulisan khat Naskhi,” terangnya.

Berbeda dengan Carissa, ujar Imam, wajah Najwa, Arkan, Wildan tampak tegang dalam LCC. “Pasalnya, lomba cerdas cermat dilakukan 2 babak, babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan, mengerjakan 50 butir yang terdiri 40 pilgan, dan 10 esai singkat selama 90 menit.

Pada babak final diambil 3 regu, setiap regu diberikan 3 sesi, yaitu soal wajib terdiri 10 soal, sesi lemparan 10 soal dan sesi rebutan 15 soal, cukup seru ketika, sesi rebutan setiap soal benar diberi skor 100, dan jika salah – 50,” terangnya.

Tapi ketegangan itu cair setelah siswa kami dinobatkan jadi juara I dan II.

“Sangat bangga dan senang, bisa ikut berkompetisi dengan teman-teman yang juga sangat hebat. Rasanya senang sekali, karena bisa mendapatkan pengalaman yang menarik,” ujar salah satu siswa Wildan, usai menerima penghargaan tertanda tangan Dekan FKIP UNS Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd dengan sertifikat nomor 12345678910 .


Humas Jatmiko.
Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved