Selamat Datang Keluarga Berkemajuan

Kamis, 01 Maret 2018 : 11:21
sdmuh1solo.com - Pagi itu udara begitu sejuk merasuk sampai pori-pori. Rasa dingin begitu merajuk, tak dihiraukan oleh keluarga besar Civitas Akademika Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis TIK SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta.

Pukul 05.30 Mereka yang rumahnya jauh sudah melakukan perjalanan menembus dingin.

Ada teman seperjuangan kami yang rumahnya Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen. Di Dorong oleh niat kuat untuk mengemban amanah dan menjalankan dengan tulus ikhlas demi membangun peradaban anak bangsa.

Komitmen kami pukul 07.00 wajib sampai sekolahan dan mengikuti kultum. Ahad, 25 Februari 2018 rangkaian sejarah dan momentum unik karena ada kegiatan “Ngaji Bareng” Pengajian Keluarga SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta dan Tasyakuran Pernikahan Tenaga Kependidikan Bapak Prasetyo Utomo.

Ngaji bareng, Ngaji ayat-ayat Allah baik yang Qauliyah maupun Kauniyah bersama Ki Agung Sudarwanto, S.Sn., M.Sn bersama ustaz Dwi Jatmiko, S.Pd.I dan Tim Musik Yuliarto Wiku Prabowo, SE entertainment, Slamet Widodo “Koes Plus”, dan Adi “Nike Ardila”.

Ki Agung Sudarwanto, S.Sn., M.Sn mengatakan “agar pesan yang disampaikan menarik dan sampai kepada audience, maka perlu kiranya mengkaji lewat lagu atau tembang jawa yang dilantunkan secara apik dibumbui “humor” sehingga lebih komunikatif dan mengena,” katanya, Senin 26 Februari 2018.

“Banyu langit, Layang Kangen, Yen Ing Tawang Ana Lintang, Gegaraning wong akrami, dudu bandha dudu rupa, amung ati pawitane, luput pisan kena pisan, yen gampang luwih gampang, yen angel, angel, kelangkung, tan kena tinumbas arta, nyidam sari, wuyung,” Imbuh Ki Agung.

Dalam Tasyiahnya Jatmiko menyampaikan “Menikah dalam Islam, berarti menyempurnakan separuh dari agamanya. Menikah penuh dengan nilai-nilai religi.

Bagaimana tidak, sesuatu yang awalnya diharamkan, berubah hukum menjadi sesuatu berpahala dan menjadi ibadah. Menikah pada dasarnya menciptakan generasi saleh dalam rangka perwujudan peradaban Islam”.

Seberapa penting pernikahan dalam Islam?
Pernikahan dalam Islam kita sebut dengan mitsaqan ghalizha. Ikatan ini bukan hanya dengan manusia, tapi dengan Allah. Apa maksud ayat itu, "salah satu tanda kebesaran Allah adalah menikah"?

Dalam Alquran disebutkan, salah satu tanda kebesaran Allah adalah Dia menciptakan makhluknya berpasang-pasangan. Ada laki-laki, ada perempuan.

Bagaimana cara Islam mengajarkan dalam hal memilih jodoh?
Hadisnya sudah jelas soal ini. Islam menuntun kita, beristikharah. Istikharah tentu saja dengan ilmu. Jadi, memilih jodoh itu dengan ilmu. Bagaimana keturunannya, hartanya, rupanya, dan agamanya. Ini kriteria yang sangat memanusiakan manusia, maka pilihlah agamanya.

Apa makna sakinah, mawaddah, warahmah?
Orang yang memiliki sakan (rumah) dan mempunyai istri, intinya telah memilikii tempat kembali (sakana) itu merasa nyaman. Di situlah dia nanti akan mencintai keluarganya. Kalau sudah sakinah (tenang) hubungan suami istri itu akan baik.

Jika berumah tangga tujuannya adalah untuk ibadah, pasti anak keturunan yang akan dilahirkan akan saleh, dan menjadi generasi rabbani yang berkemajuan, Insya Allah.

Tak hanya itu, kegiatan ini di hadiri 160 tamu undangan mulai kepala sekolah Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd bersama suami, tenaga pendidik dan kependidikan, keluarga mempelai dan hadir pula mantan Kepala Sekolah SD Muh 1 Muzaini, S.Ag., S.Pd.SD., MM., serta Nampak Hadir Parimin Tejo Pramono, S.Pd., M.Pd Kepala sekolah SDM 8 Jagalan.

Humas Jatmiko.
Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved