Milad ke-105 Muhammadiyah di Yogyakarta Berkonsep Kebudayaan

Jumat, 17 November 2017 : 11:57
sdmuh1solo.com, Yogyakarta - Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan milad Muhammadiyah ke 105 akan digelar dengan sajian konsep kebudayaan. Digelar di Kraton Yogyakarta, resepsi milad akan dilaksanakan pada 17 November 2017 malam.

"Milad kali ini bisa dibilang konsepnya kebudayaan, sebelumya milad dilaksanakan di kampus-kampus atau amal-amal usaha Muhammadiyah," kata Haedar saat menghadiri konferensi pers di kantor PP Muhammadiyah, Kamis (16/11).

Ia menerangkan, keputusan untuk menggelar milad di Kraton Yogyakarta diwarnai pertimbangan karena Muhammadiyah sendiri lahir di Yogyakarta. Karenanya, konsep yang diangkat kebudayaan, mengingat pentingnya kebudayaan bagi Muhammadiyah.

Apalagi, kata Haedar, Sri Sultan Hamengku Buwono X menekankan, Muhammadiyah merupakan salah satu pilar penting masyarakat Yogyakarta. Hal tersebut semakin memanguatkan gagasan pelaksanaan Milad Muhammadiyah di Kraton Yogyakarta.

"Kita ingin merekatkan dengan nuansa Yogyakarta sebagai pusat budaya, pusat pendidikan, dan tempat lahir dari Muhammadiyah, nuansa budaya itu penting bagi umat beragama, bagi gerakan Islam maupun dalam berbangsa dan bernegara," ujar Haedar.

Milad Muhammadiyah di Pagelaran Kraton Yogyakarta sendiri akan berlangsung pada 17 November 2017 malam. Dibuka sajian Wayang Wong-Ramayana dari SD Muhammadiyah 1 Ketelan dari Surakarta, akan ada paduan suara Universitas Prof Hamka Jakarta.

Tari Bhineka Berkemajuan akan jadi tarian selamat datang yang menyambut para tamu undangan. Sambutan penyelenggara akan dibacakan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti.

Selanjutnya, tiga tokoh dari berbagai latar belakang yang diberikan penghargaan. Mereka adalah Sri Sultan Hamengku Buwono X mewakili Kraton Yogyakarta, peneliti asal Jepang Mitsuo Nakamura dan seorang warga bernama H. Roemani.

Kemudian, Gubernur DIY sekaligus tuan rumah Sri Sultan Hamengku Buwono X, akan memberikan sambutannya. Puncaknya, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, akan memberikan pidato Milad ke-105 Muhammadiyah.

Terakhir, akan ada alunan lagu-lagu indah yang dibalut dalam sajian orkestra yang dapat dinikmati hadirin. Sajian itu sekaligus menjadi penutup resepsi Milad ke-105 Muhammadiyah Merekat Kebersamaan.


Humas Jatmiko
Sumber : REPUBLIKA.CO.ID
Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved