Raih Penghargaan Sekolah Islam Terfavorit di Era 4.0

Jumat, 01 Maret 2019 | 00.30.00


sdmuh1solo.com - Selangkah lebih maju SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta dalam hal layanan pendidikan, terarah, terukur dan berkesinambungan, memperbaiki manajemen berbudaya mutu menorehkan prestasi sebagai “The Most Favorite Elementary Islamic School In Quality Education Program Of The Year 2019" dari Indonesia Development Achievement Foundation.

Malam penganugerahan bergengsi tersebut diselenggarakan pada Jumat malam (1/3/2019) di Phoenix Hotel, Yogyakarta. Didampingi Waka Kesiswaan, Imam Priyanto dan waka Humas, Jatmiko.

Setidaknya ada tiga indikator yang mengantar Sekolah Dasar Swasta Rujukan (SDSR) versi Kemendikbud RI, Sekolah berbasis Pendidikan Karakter, Budaya, Teknologi, Informasi, Komunikasi (TIK), diperkuat al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) ini, membawa pulang piala dan piagam dari IDAF.

Antara lain, SD Muhammadiyah 1 Ketelan banyak diminati oleh masyarakat, integritas, etos kerja, gotong royong, dan layanan pendidikan berkualitas.

Selama ini amanah dan kepercayaan masyarakat begitu tinggi, sehingga SD Muhammadiyah 1 Ketelan atau Muh 1, berhak menerima penghargaan “Indonesia Most Recommended Education Award 2019”.

“Jelang 84 tahun SD Muh 1 yang didirikan pada tahun 1935 mendapat kado spesial penghargaan, terbukti dari kuota peserta didik baru selalu terpenuhi,” jelas Kepala Sekolah, Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd, Jum’at (1/3/2019).

Pertama, SD Muh 1 merupakan gudang prestasi baik akademik maupun non akademik yang ditorehkan secara kelembagaan baik dari guru, komite sekolah, maupun siswa.

“Meraih 191 prestasi, al Hamdulillah selalu  ada prestasi-prestasi,” ujar wanita kelahiran Solo, 13 April 1971 yang sarat pengalaman dan prestasi individu.

Kedua, inovasi dalam dunia pendidikan dan kultur sekolah, kegiatan belajar mengajar maupun media pembelajaran.

“Merupakan sekolah model dengan pemanfaatan portal rumah belajar Pustekkom Kemendikbud RI, dan menjadi model sekolah lain dalam pengembangan pendidikan karakter,” terang Tenaga ahli bagi pasien berkebutuhan khusus di RS. PKU Muhammadiyah Solo, Sri Sayekti.


Ketiga, SD Muhammadiyah 1 Ketelan memiliki ciri khas, di antaranya Kegiatan Ektrakurikuler  28 jenis, Seni Budaya (Karawitan dan Pedalangan), berwawasan lingkungan,  Kantin Sehat dan BUMS, Penggunaan e-Money sebagai alat transaksi anak-anak di sekolah.

“E-Money, alat transaksi pengganti uang dan tidak boleh bawa uang tunai, kartu tersebut menjadi media literasi digital, finansial, sekolah sehat, sejak dini anak-anak sudah mampu mengatur keuangan, di era industri 4.0, kita siapkan satu kartu yang akan mencukupi kebutuhan anak-anak di sekolah, dan workshop-worshop kita siapkan, anak-anak dilahirkan di era digital, kita migrasi,” tambahnya.

Ke depan, pihaknya berharap SD Muhammadiyah 1 ketelan makin meningkatkan kualitas dengan prestasi hebat lainnya, dalam waktu dekat semoga menjadi juara Adiwiyata tingkat provinsi.

Mengantar peserta didik sebagai generasi abad 21, memiliki kepekaan, keterampilan khusus, komunikasi, kolaborasi, berfikir kritis, mampu salat dan jadi imam, hormat dan patuh orang tua dan gurunya, bisa mengembangkan diri dengan bahasa inggris kurikulum cambridge dan berkreatifitas.

“Tentu penghargaan ini sangat memotivasi civitas akademika warga sekolah, menjadi penyemangat untuk lebih baik lagi di masa yang akan datang, anak-anak bergembira dengan pembelajaran berbasis e-learning, dengan terus meningkatkan prestasi, prinsipnya kita selalu membuka diri tidak pelit ilmu, kita selalu berusaha memperbaiki yang berawal dari masalah dan apa solusinya,” pungkasnya.

 Humas Jatmiko.



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2014. SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta - All Rights Reserved
Kembali ke Atas