Belajar Mengelola Sampah di Bank Sampah

Jumat, 04 Januari 2019 : 03:00
sdmuh1solo.com - Ratusan siswa Sekolah Dasar Swasta Rujukan (SDSR) SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Jawa Tengah mengisi kegiatan setiap hari jum’at pagi selain taman gizi, olah raga bersama, petik praktik baik berinfaq juga ada peduli lingkungan dengan menyetorkan sampah di bank sampah yang ada di sekolah serta ikut membantu mengurangi dampak pemakaian bahan yang sulit terurai seperti plastik, bekas gelas minuman.

Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Jatmiko mengatakan sekolahnya rutin melaksanakan kegiatan peduli agama, manusia, lingkungan dan sistem yang terarah dan terukur secara berkesinambungan.

"Fokus utama dari program ini mendukung sekolah Adiwiyata atas Binaan Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo sejak tahun 2018 sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup.

Hasil dari kegiatan salah satunya adalah mengajak bijak mengelola sampah juga membuat tiap kelas memiliki kas yang bisa dicairkan dua bulan sekali, jumlah siswa kita sebanyak 810 dan didukung guru karyawan sejumlah 64 serta menggalakkan gerakan tak membuang sampah sembarangan," kata Jatmiko, Jum’at (4/1/2019).

Ketua Pelaksana Harian, Winursito memotivasi para peserta didik agar mau menjaga kebersihan lingkungan.

"Sampah apabila dikelola secara baik dan optimal akan mempunyai nilai ekomomis, setiap jum’at terkumpul sebanyak 150 kg, dan saat ini sudah mencapai 2.250 kg selama setahun, untuk pengurus sendiri ada 8 personil," ujarnya.

Dia berharap adanya bank sampah bisa dimanfaatkan para siswa untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan bekas koran, bisa dimanfaatkan buat gunung-gunung, laut, pemandangan yang indah, botol-botol bisa untuk kegiatan hidroponik, halaman rumah sempit tak masalah, Sedangkan sampah-sampah organik bisa diolah jadi kompos," katanya.

Salah satu siswa, Muhammad Haris kelas 2C, mengatakan kegiatan setor sampah tersebut amat bermanfaat untuk anak didik. "Senang sekali aku, sambil mengamalkan hadis riwayat Ahmad, kebersihan itu sebagian dari iman, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat di kemudian hari," kata Haris.

Humas Jatmiko.
Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved