Novi Saptina Juara Lomba Penulisan Artikel Karena Menggelutinya

Sabtu, 15 Desember 2018 | 03.00.00

SDMUH1SOLO.COM,- Senyum Dra. S.A. Novi Saptina merona. Dia baru saja menjuarai Lomba Penulisan Artikel yang diadakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta pada hari Senin, tanggal 15 Oktober 2018 lalu.

Guru Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis TIK dan Budaya SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo sukses menyabet juara harapan 2 tingkat Kota Surakarta dengan nilai 962. 

Berdasarkan berita acara terlampir daftar nama pemenang, yaitu Vilya Lakstian Citra Mulia, M.Hum. nilai 1025 juara 1, Mahardhika Dicky Kurniawan nilai 997 juara 2, Shita Ayu LPN, SE., nilai 995 juara 3, Muhammad Nasyir, S.P., M.Si nilai 965 harapan 1, dan Dwi Supriyadi, SE nilai 960 harapan 3. 

“Al Hamdulillah, di usia yang tak muda lagi tetapi semangat masih muda Allah SWT memberi kesempatan saya meraih juara lewat penulisan artikel, peserta se-Surakarta sekitar 300 nomor artikel. Artikel tentang peran perpustakaan untuk mencerdaskan masyarakat. Dipilih 15 besar peserta. Lima belas ini di test keaslian karyanya dengan beberapa rangkaian test, termasuk presentasi dan wawancara dengan juri yang terdiri dari, Ketua PWI, Dewan Budaya ISI Solo, dan dosen UNS,” ujarnya, Sabtu (15/12/18).

Novi mengungkapkan, prestasi ini saya persembahkan untuk SD Muh 1 dan mengajak semuanya memajukan Indonesia dengan menulis bersama.

“Bersama, berkarya seperti ketika Khalifah Utsman bin ‘Affan memotivasi warganya untuk menulis, membaca dan membukukannya, seorang saudagar yang kaya tetapi sangatlah dermawan. Ia juga berjasa dalam hal membukukan Al-Qur'an, memiliki sifat lemah lembut, tutur kata yang baik, dan sangat pemalu, ikut kompetisi bukan hanya untuk menang. Tapi lebih membumikan Indonesia. artikel saya berjudul Perpustakaan Daerah Sarana Pendukung Masyarakat Wasis” tuturnya.

Lima Belas karya peserta dibukukan oleh disarpus, kata dia, Sayangnya, perpustakaan yang ada di sebagian sekolah tak beda jauh dengan perpustakaan umum.

“Perpustakaan SD tentu butuh dekorasi yang lebih ceria dibandingkan perpustakaan SMA, demikian pula perpustakaan perlu didesain sesuai karakter usia pengunjungnya, sehingga kita bisa menggalakkan siswa lebih suka membaca buku dibandingkan gadget,” ungkapnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Sekolah Dasar Swasta Rujukan (SDSR) SD Muh 1 Jatmiko, senang gurunya juara. “Ke depan, selamat dan sukses selalu teman sejawat bu Novi wali kelas 3B, seperjuangan bersama guru senior,  semoga SD Muh 1 semakin dapat melayani, jaya kini dan di masa-masa yang akan datang, kita bisa buat program tukar buku gratis, dan membuat kelompok menulis yang muaranya di cetak atas nama anak serta apabila dimungkinkan mengundang penulis,” hàrapnya.

Perlu diketahui, Novi pernah menjadi Peserta terseleksi “Jagat Cilik Manusia, Menciptakan Bahasa Untuk Nasionalisme” pemikirannya terpilih untuk di undang dalam Semiloka dan Deklarasi Pengutamaan Bahasa Negara tanggal 7-10 Agustus 2018 di Universitas Sebelas Maret (UNS) diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud RI di Jakarta bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Budaya, UNS

Humas Jatmiko.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2014. SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta - All Rights Reserved
Kembali ke Atas