Teripilih Sekolah Dasar Swasta Rujukan

Minggu, 16 September 2018 | 00.00.00


Solo, Jawa Tengah,- SD Muhammadiyah 1 Ketelan yang beralamat di Jalan Kartini Surakarta jelang Resepsi Milad ke-83 tahun terpilih menjadi salah satu Sekolah Dasar Rujukan Berbasis Sekolah Swasta oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Melalui surat nomor 1634/D2/TU/2018 tertanggal 12 September 2018 oleh Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Ditjen Dikdasmen, Kemdikbud dirinya bertekad dan bergembira hati terus berupaya secara maksimal, optimal, terarah dan terukur untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas sekolah termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) nya.

“Semoga dengan terpilihnya SD Muh 1 menjadi SDRS semakin meningkatkan semangat kita untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi siswa-siswi, sekolah dan masyarakat,” kata Sayekti, yang akrab disapa Bu Yekti, Ahad (16/9/2018)

Sekolah rujukan, diproyeksikan membina sekolah di sekitarnya, bagaimana pembelajaran dan perpustakaan yang baik, menyiapkan materi pembelajaran dan mendorong terciptanya perpustakaan digital, optimalisasi sudut baca, kantin sehat yang pernah diresmikan Drs. A. Dahlan Rais, M.Hum, Ketua PP Muhammadiyah, 7 September 2014, UKS Modern, Bank Sampah, Radio Streaming Radio Pendidikan “Solo Belajar”,  Eksrakurikuler berbasis budaya, Badan Usaha Milik Sekolah (BUMS) dan lain sebagainya.

Diharapkan, dengan adanya Sekolah Rujukan mampu mengurangi kesenjangan pendidikan dan terjadi pemerataan pendidikan.

“Semoga penghargaan ini memberikan manfaat bagi kemajuan sekolah dan kita dapat berkontribusi dengan memberi manfaat bagi pengembangan sekolah-sekolah yang lain. Selamat berjuang dan tetap semangat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penilaian Kurikulum Direktorat PSD, DR Susanti Sufyadi MA, ketika dihubungi melalui WhatsApp yang pernah menjadi narasumber Seminar Pendidikan Karakter dalam rangka resepsi milad ke-82 tahun, Sabtu, (23/9/2017) mengatakan semoga dengan terpilihnya SD Muh 1, semakin banyak praktik baik yang bisa diimbaskan ke SD lainnya.

“Saya berharap makin banyak sekolah yang seperti Muhammadiyah Ketelan, terima kasih kepada semua jajaran SD Muhammadiyah 1 Ketelan yang sudah banyak berkontribusi untuk kemajuan pendidikan, semoga ke depan bisa lebih besar manfaatnya,”ujarnya.

Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan ditingkat sekolah dasar. Sub Direktorat Kurikulum akan menggelar Semiloka bagi ibu bapak kepala sekolah.

Salah satu wakil kepala sekolah bidang Humas, Jatmiko, menyatakan sangat mendukung SD Muhammadiyah 1 Ketelan sebagai sekolah rujukan karena telah memenuhi kriteria diantaranya menerapkan kurikulum 2013, memiliki ruangan atau lahan yang cukup, tidak ada sistem pembelajaran yang double shift dan Sumber Daya Insani yang memadai. Hal tersebut tercermin dari penggunaan kurikulum 2013 dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran bagi anak bangsa kekinian yang berkemajuan dan berkeadaban.

“Rabu-Sabtu, 19-22 September 2018 Kepala SD rujukan akan mengikuti Semiloka di Hotel Sahid Jaya Solo Jl. Gajah Mada No. 82 Ketelan, Banjarsari, Tahun 2016 lalu, sekolah ini diresmikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai sekolah aman dan menyenangkan, terpilih sebagai juara I Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Kota Surakarta 2018 dan menerima penghargaan predikat sekolah Adiwiyata tahun 2018, pemenuhan 8 standar nasional pendidikan dan 1 standar al Islam Kemuhammadiyahan, Senin, 3 September 2018 menjadi tuan rumah seminar pendidikan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar untuk pembelajaran Abad 21 Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter dengan nara sumber Faozan Amar, S.Ag. M.M., Tim Implmentasi PPK Kemendikbud dan Yan Setiawan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran Pustekkom,” kata lelaki yang suka membaca buku bahasa Arab.

Humas Jatmiko.




Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2014. SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta - All Rights Reserved
Kembali ke Atas