7 Kwarcab Hizbul Wathan Dilantik Ramanda Joko Riyanto

Sabtu, 05 Mei 2018 | 03.30.00



Solo, Jawa Tengah – Kemarin (5/7), menjadi hari bersejarah Jajaran Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan 7 Kwarcab Surakarta Periode Muktamar Tahun 2016-2021 resmi dilantik oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surakarta, Ramanda Drs. H. M. Joko Riyanto, SH., MM., MH, pada tanggal 19 Sya’ban 1439 H bertepatan dengan 5 Mei 2018.
Pimpinan dan anggota Kwarcab yang dilantik tersebut sejumlah 194 orang. Di antaranya, Kwarcab Solo Utara, Kwarcab Laweyan, Kwarcab Solo Selatan, Kwarcab Banjarsari, Kwarcab Kottabarat, dan Kwarcab Kota Bengawan.

Dalam Tausyiahnya Drs. H. M. Joko Riyanto, SH., MM. MH kepada para peserta.
“Harapan kami adalah kegairahan, kegembiraan, dan kemajuan kegiatan Hizbul Wathan akan semakin meningkat seiring telah dilantiknya ketujuh Kwarcab Hizbul Wathan,” kataya.
Berdasarkan pantauan dan jangkauan di layar monitor acara di awali pembukaan, pembacaan ayat suci al Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu Sang Surya, Mars Hizbul Wathan, pembacaan Undang-undang Pandu Hw, Prakata Ketua Kwartir Daerah HW, prosesi pelantikan, Tausiah, Do’a dan Penutup.

Ramanda Drs. H. Yatimun  mengawali sambutannya dengan menyampaikan selamat dan sukses atas dilantiknya Tujuh Kwarcab. ”Lengkaplah struktur organisasi Pusat, Wilayah, Daerah, Qobilah. Semoga bisa istiqomah berjuang untuk meningkatkan eksistensinya di kota Surakarta dan perlu dicatat dalam sejarah 7 Kwartir Cabang resmi berdiri,” ujarnya.

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (disingkat HW) adalah salah satu organisasi otonom (ortom) di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah. Berikut Undang-undang pandu HW : 1. Pandu Hizbul Wathan itu dapat dipercaya, 2. Pandu Hizbul Wathan itu setia dan teguh hati, 3. Pandu Hizbul Wathan itu siap menolong dan wajib berjasa, 4. Pandu Hizbul Wathan itu cinta perdamaian dan persaudaraan, 5. Pandu Hizbul Wathan itu sopan santun dan perwira, 6. Pandu Hizbul Wathan itu menyayangi semua makhluk, 7. Pandu Hizbul Wathan itu siap melaksanakan perintah tanpa membantah, 8. Pandu Hizbul Wathan itu sabar dan pemaaf, 9. Pandu Hizbul Wathan itu teliti dan hemat, 10. Pandu Hizbul Wathan itu suci dalam hati, pikiran, perkataan dan perbuatan.

Salah satu anggota yang dilantik, Wakil kepala sekolah bidang Humas Sekolah Pendidikan Karakter berbasis TIK SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta mengatakan ”Mari kita tingkatkan ukhuwwah dan silaturrahmi, serta ketaqwaan kita dengan terus saling mengingatkan, ” ajaknya.
(Jatmiko)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2014. SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta - All Rights Reserved
Kembali ke Atas