Hebat! Dalang Profesional dan Nara Sumber Talkshow Fasilitasi Sarana Kesenian

Selasa, 13 Maret 2018 : 09:05
sdmuh1solo.com - Profile guru Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis TIK SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Jawa Tengah , berbeda dengan para guru kebanyakan. Selain tercatat sebagai di lingkungan perguruan Muhammadiyah, dia juga aktif mengelola Lembaga Pendidikan Sanggit Art Surakarta.

Agung Sudarwanto, lahir di desa Kauman, Nganjuk (Jawa Timur), tanggal 4 Agustus 1979. Mulai mendalang sejak kelas V SD tahun 1990 berkenaan dengan hari PEPADI yang dipentaskan di Pendapa Kabupaten Nganjuk. Dalam pementasannya sebatas “mucuki”.

Agung kecil pada waktu itu pernah diundang pentas di rumah Ki Manteb Soedharsono di Karangpandan (Selasa Legen), rumah Ki Anom Suroto (Rabu Legen).

Ketika Ki Manteb Soedharsono pentas di Nganjuk (2 Agustus 1990) dalam rangka pentas keliling yang diselenggaran Jawa Pos, Agung Sudarwanto juga “mucuki” untuk mengawali pementasan Ki Manteb Soedharsono. Pada tahun 1991 di tunjuk TVRI Surabaya untuk siaran dengan lakon “Babad Alas Mrentani”, pentas di RRI Semarang dan pentas di daerah Sragen sekitarnya dengan arahan alm Ki Prenggo Darsono dan alm Ki Gondo Darman.

Berkat arahan dalang-dalang senior tersebut ditahun 1992 Agung Sudarwanto yang duduk dibangku SD kelas VI sudah mampu menyajikan pakeliran semalam di daerah : Nganjuk, Kediri, Surabaya, Ngawi, Magetan, Madiun dan sekitarnya.

Setelah beranjak remaja tahun 1997, Agung Sudarwanto meraih Juara 1 Tembang Macapat tingkat Profensi, di bidang Pedalangan berhasil menyabet 3 piala yaitu : predikat Penyaji Terbaik, Garap Iringan Terbaik, Sabet Terbaik.

Tahun 1998, mulai kuliah (S-1) di STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia) Surakarta. Di masa kuliah sering dilibatkan dalam pementasan pakeliran ringkas ataupun padat, Pakeliran Sandosa, Pakeliran Layar Panjang dan Sajian Wayang Golek.

Tahun 2004, lulus dari STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia) Surakarta dengan gelar Sarjana Seni (S.Sn). Agung Sudarwanto sering dipercaya menyusun naskah dan mengarahkan dalam pementasan dalang China dari Nganjuk yang telah dipentaskan di Kota Nganjuk, Surabaya, Semarang dan Madura.

Tahun 2004 - 2006 di percaya oleh Pusat Studi Budaya Dan Perubahan Sosial (PSB-PS) UMS bekerjasama dengan STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia) dan The Ford Foundation sebagai tutor bidang seni Pedalangan dalam program Pendidikan Apresiasi Seni (PAS).

Tahun 2008 , Agung Sudarwanto bersama dengan Mujiono, S.Kar membina dalang cilik dalam pentas ataupun Festival dalang bocah. Hasil dari binaannya berhasil meraih Juara Favorit dalam Festival Dalang Cilik di UNY (Universitas Negri Yogyakarta), Juara I Festival Dalang Bocah di Surakarta, Juara I Festival Tembang Dolanan, dan Juara I Festival Dolanan Traditional di UNY (Universitas Negri Yogyakarta).

Tahun 2009, Agung Sudarwanto meningkatkan pengetahuan dan ilmunya untuk kuliah di Pasca Sarjana ISI (Institut Seni Indonesia) Surakarta-Program Studi Pengkajian Seni.

Tahun 2012, lulus dari Pasca Sarjana ISI (Institut Seni Indonesia) Surakarta dengan meraih gelar Magester Seni (M.Sn). Berbekal keahlian dan ilmu pengetahuannya, tidak jarang sebagai consultan seni pertunjukan wayang baik yang dipentaskan ataupun dalam pelajaran seni yang diajarkan di tingkat pendidikan SMP dan ataupun SMU.

Ilmu yang diperolehnya tak menghentikan niatnya untuk selalu belajar dan berproses dalam berkesenian sebagai modal dasar untuk selalu berkreasi dalam mengemban misi mengembangkan seni tradisi agar tetap membumi.

Humas Jatmiko.
Share this Article

0 komentar :

Copyright © 2019 SD Muhammadiyah 1 Surakarta - All Rights Reserved