Ratusan Siswa Ikuti Diseminasi Pemanfaatan TIK.

Rabu, 20 Desember 2017 | 22.00.00

Solo, Jawa Tengah — Sebanyak 120 siswa Sekolah Pendidikan Karakter berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Jawa Tengah mengikuti Diseminasi pemanfaatan teknologi dari Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Tekkomdik) Yogyakarta, Dinas Dikpora Yogyakarta.

“Sebagai Sekolah Model binaan Pustekkom Kemdikbud RI guna menunjang percepatan arus pembelajaran yang efektif dan efisien, serta menyenangkan. Maka sinergi dengan berbagai pihak, sangat penting sebagai mitra penguat pelayanan pendidikan di tengah-tengah era digital saat ini. Era digital sekarang telah berkembang dengan pesat, terutama kemajuan teknologi yang telah dihasilkan dan dimanfaatkan dari balai Tekkomdik pada dunia pendidikan,” kata Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Sri Sayekti, Rabu (20/12/2017).

Isti Triasih, Kepala Balai Tekkomdik mengatakan, sebagai salah satu Unit PelaksanaTeknis Daerah (UPTD) di bawahnaungan Dinas Dikpora Pemda Yogyakarta, lembaganya punya tugas pokok melaksanakan pengembangan, memproduksi dan memberikan pelayanan pembelajaran berbasis TIK. Pelayanan ini untuk pemerataan mutu Pendidikan, khususnya yang ada di Yogyakarta.

 “Menjadi pusat sumber belajar pendidikan formal dan non formal jenjang pendidikan menengah dan kejuruan berbasis TIK terkemuka tahun 2025 merupakan visi Balai Tekkmodik DIY. Sedangkan misinya adalah mengembangkan dan memproduksi materi pembelajaran berbasis TIK untuk pendidikan formal amuapun non, serta memberikan teknis pemanfaatan TIK,” ujar Isti.

Selain itu, Isti mengatakan, Balai Tekkomdik DIY juga memiliki pelayanan konsultasi dalam penggunaan TIK untuk Pendidikan bagi sekolah dan luar sekolah.

“Jogjabelajar, merupakan salah satu layanan berbasis online yang dimiliki oleh Balai Tekkomdik DIY. Jogjabelajar (JB) dibagi menjadi beberapa divisi, yaitu JB Radio, JB Tube, JB Class, JB Media dan JB Budaya. Untuk dapat mengakses layanan jogja belajar dapat diakses melalui www.jogjabelajar.org,” ujarnya.

Selain itu, menurut Isti, seiring perkembangan teknologi, khususnya teknologi berbasis daring, Balai Tekkomdik DIY juga mengembangkan dan memproduksi aplikasi daring yang dapat diunduh melalui Play Store. Aplikasi yang telah dikembangkan dan diproduksi antara lain Hanacaraka, KuncungBawuk, JBRadio, Lumbung Budaya Jogja, Wisata Edukasi, Belajar, Uthak-Uthik Gathuk, Bina Wicara, Ear Quiz, PejuangRakun, dan masih banyak lagi. #Humas Jatmiko.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2014. SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta - All Rights Reserved
Kembali ke Atas